Tips LGD BEASISWA LPDP 2016

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai  Gambaran dan situasi seleksi subtantif, termasuk LGD (leaderless group Discussion) di  Sini dan di Sini seleksi subtantif  25 Februari 2016 di Medan. kali ini saya akan menjelaskan tips dan triks LGD. 

Perlu diketahui LGD ini merupakan sebuah forum diskusi tanpa adanya moderator atau pemimpin yang membuka dan mengarahkan diskusi mengarahkan, sehingga tida ada aturan tertulis mengenai siapa yang harus bicara duluan dan sapa setelahnya, dan seberapa besar porsi bicaramu.  Tim/ kelompok biasanya terdiri dari 4-9 orang.  Tidak perlu khawatir mengani LGD ini, atau takut kehabisan bahan bicara, atau sama sekali tidak tahu berkomentar apa. Karena lGD ini dilengkapi dengan sebuah narasi panjang yang sudah cukup informatif, kamu hanya perlu memberikan komentar-komentar konstruktif.

Yang Dinilai :

  • Ketenangan, Kedewasaan dan kemampuan mengelola emosi
  • Kemampuan mengutarakan pendapat/ etika berbicara dan diskusi
  • Kemampuan Berpikir kritis dan strategis
  • Sikap dan perilaku di dalam forum
  • Kemampuan menghargai orang lain
  • Kepercayaan diri
  • Tahu diri

 

  1. Persiapan
  • Perbanyak membaca. Baca dan ringkas point-point dari topik popular di media massa ternama. Tidak perlu terlalu banyak point-pointnya, maksimal 5 saja, dan tidak perlu terlalu panjang, hanya sebagai trigger point untuk merefresh ingatanmu ketika kamu membacanya ulang. Pada dasarnya mempersiapkan topik-topik ini akan berguna baik untuk LGD maupun EOTS. Ringkasan per topik milik saya untuk tes 25 Februari 2016 bisa dilihat di Sini
  • Berlatih bicara di depan forum belajar melalui video-video diskusi internasional atau konferensi, bagaimana mereka menyampaikan opini mereka terhadap suatu topik. Berlatih bicara ini penting, jangan sampai sudah terlau banyak bahan tetapi kamu tidak tahu cara menyampaikannya. Terutama apabila komentar kita harus disampaikan dalam bahasa yang mungkin kita tidak terlalu fasih. Berlatih memberikan komentar baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris. Karena ketika tes seleksi subtantif saya berlangsung, LGD untuk LN harusnya berlangsung dalam bahasa inggris, namun sebelum kelompok saya terjadi beberapa kasus, yakni  ada yang menangis ketika disuruh memberikan komentar dalam bahasa inggris, entah karena ia terlalu gugup atau memang tidak menguasai, yang kedua karena full english, untuk melakukan perkenalan saja memakan waktu setengah jam, sehingga menghabiskan banyak sekali waktu. Akhirnya psikolog yang menilai memutuskan untuk seterusnya, perkenalan saja dalam bahasa inggris, dengan hanya menyebutkan nama dan tujuan univeristas, selanjutnya diskusi forum dilaksanakan dalam bahasa indonesia. Gawatnya ada juga peserta yang bahasa ibunya bahasa inggris dan tidak terlalu bagus dalam bahasa indonesianya, ketika harus memberikan komentar dalam bahasa indonesia dia benar-benar kewalahan dan tidak dapat menyampaikan inti dari pembicaraannya. Jadi persiapak kemampuan berbicara di depan forum baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.
  • Atur intonasi suara, apabila kamu tipe orang yang berbicara menggebu-gebu atau terdengar seperti orasi yang berapi-api, atur kembali cara bicaramu ke bicara ilmiah.
  • Biasakan berpikir kritis what,why, where, when, and how atau model pro and cont. Ini untuk membiasakan kamu memiliki ide berbeda dan original dalam memberikan pendapat.
  • pelajari kalimat-kalimat pembuka cara-cara menyatakan pendapat dalam bahasa inggris. bisa dibaca di Sini
  • Apabila kamu sama sekali tidak memahami topik yang diberikan, kamu bisa mereplikasi komentar dari peserta lain dengan menambah sedikit pendapat dari kacamata keilmuanmu atau kacamata orang awam.
  • Umumnya persiapan ini hanya memakan waktu 2 hari saja, jangan terlalu mengahbiskan waktu hanya mempersiapkan pemahaman untuk topik LGD atau EOTS, tetap fokus pada Wawancara yang merupakan porsi terbesar nilai seleski subtantif.

 

  1. Pada Saat LGD
  • 2 orang psikolog akan memberitahukan apa yang harus kalian lakukan, mereka hanya duduk dengan laptop di meja mereka masing-masing tempat mereka akan mengamati jalannya diskusi.
  • Waktu berlangsungnya LGD adalah 50 menit, Setelah diberikan selembar kertas berisi narasi, segera baca selama 5 menit, dan seseorang kemudian membuka forum diskusi secara singkat, contohnya hanya dengan mengatakan : “so we have read the given topic for today, any comment so far?”, kemudian komentar akan mulai diberikan kepada orang lain dan dilanjutkan dengan orang lainnya lagi. Karena moderator pembuka adalah moderator alami, bukan yang ditunjuk, sehingga tidak perlu mengembalikan kepada moderator. Langsung kembali dilemparkan ke forum apabila kamu sudah selesai memberikan pendapat. Namun apabila karena satu dan lain hal adanya moderator yang mendominasi, maak ikuti saja aturan main tersebut. Pada saat LGD kelompok saya, sebelum masuk ke ruang LGD kami telah memutuskan siapa yang akan sukarela membuka forum LGD ini, sehingga tidak akan meraba-raba menunggu seseorang membuka forum. Hal ini juga berguna, sehingga kita aware akan waktu membaca yang diberikan, sehingga tidak terlalu banyak waktu termakan hanya untuk membaca dan mempersiapkan bahan bicara.
  • Bicara 2 kali saja. Ingat semua peserta harus kebagian waktu sama rata, semua punya hak bicara yang sama, sehingga kamu jangan sampai mengambil waktu peserta lain berbicara, jangan berkomentar terlalu panjang, atau lebih dari 2 kali, jangan sekalipun kamu sampai mendominasi.
  • Selalu perhatikan ketika peserta lain bicara dengan antusias. Tulislah point-point yang dia ucapkan. Ini berguna apabila kamu kebagian berbicara pada detik-detik habisnya waktu, karena sebaiknya ketika forum akan segera berakhir, kesimpulan kesimpulan sudah mulai diutarakan. Ini juga perlu disepakati dalam kelompok, bahwa siapa yang akan mendapat wkatu berbicara menuju akhir waktu sudah dapat mengutarakan kesimpulan, namun kesimpulan ini bersifat terbuka sehingga ketika masih ada waktu , kesimpulan ini dapat modifikasi terus menerus.
  • Hanya berikan pendapat yang berbobot, konstruktif, dan solutif.  
  • Kucinya adalah Tenang. Bicaralah dengan sopan, dan tenang. Jangan sibuk dengan diri sendiri, dan tidak memperhatikan orang lain.
  • Jangan sekalipun menyela atau memotong komentar orang lain, apalagi sampai menjatuhkan. Jaga kekompakan grup.
  • Tahu diri. Apabila kamu merasa paling menguasai topik tersebut, jangan terlalu memaksakan diri dalam berbicara dan mengutarakan seluruh ide yang kamu punya hingga sangat detail dan memakan waktu, berikan kesempatan orang lain dalam mengutarakan ide mereka.
  • Berbicaralah bak seorang Puteri Indonesia/Miss World percaya diri dan lembut, atau seperti Duta Besar PBB.

800px-thumbnail.jpg

*kira-kira kita akan berdiskusi di dalam forum secara profesional persis seperti foto di atas

Image credit: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Agriculture_Secretary_Tom_Vilsack_met_with_Gerry_Ritz,_Canadian_Minister_of_Agriculture_and_Canadian_Ambassador_Gary_Doer_to_discuss_cooperation,_economics_and_trade_in_Washington,_DC,_Tuesday,_April_9,_2013_(Pic_3).jpg

Baca Juga:

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

TOPIK-TOPIK EOTS (Essay on The Spot) & LGD LPDP Batch 1 2016

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016

Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1

Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2