Tips Menulis STUDY PLAN – RENCANA STUDY

Beberapa beasiswa meminta kita untuk menulis study plan, karena banyak yang bertanya mengenai  bagaimana menulis study plan, maka berikut saya sharing Study Plan yang saya pakai untuk mendaftar salah satu beasiswa, yakni beasiswa LPDP.

0001.jpg

TIPS MENULIS STUDY PLAN

  1. Tulislah dengan struktur yang jelas, ini memudahkan reviewer dalam membaca study plan kita. Bayangkan reviewer yang akan membaca ratusan study plan.
  2. Jelaskan sedikit guna atau apa yang dapat kamu peroleh dari masing-masing mata kuliah, atau manfaat dari salah satu matakuliah yang paling menarik disana, dan juga mengenai fasilitas dan pengajar disana.
  3. tunjukkan juga salah satu mata kuliah paling menarik, dan siapa pengampunya. misalnya mata kuliah ini di ampu oleh prof. yyyy, yang mana beliau adalah pakar dunia di bidang…
  4. apabila jurusan yang kamu pilih terlalu umum dan ada dimana-mana, berikan data-data jelas, beserta sumber, kenapa pilihanmu untuk berkuliah disana ada pilihan yang tepat.
  5. jelaskan juga karir path yang akan kamu tempuh setelah lulus. ingin menjadi praktisi dengan posisi apa atau ingin menjadi akademisi dimana, dan peluangnya seperti apa.
  6. Jangan lupa breakdown biaya-biaya yang kamu butuhkan untuk perkuliahan, pada beberapa beasiswa mereka nantinya akan bertanya, “how you gonna use the scholarship?”. Dengan memberikan breakdown biaya-biaya ini akan mempermudah dirimu nantinya, dan juga mungkin interviewer malah tidak akan bertanya lagi mengenai hal ini. ini juga menunjukkan kamu faham betul dan siap berangkat untuk sekolah lagi.
  7. Tulislah paling panjang idealnya 700 kata atau 1,5 lembar saja.
  8. Baiknya pilihlah satu universitas saja yang dituliskan dalam study plan-mu.

 

Baca Juga:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1

Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2

PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

SITUASI TES SUBTANTIF LPDP BATCH 1 2016 Wawancara – Essay On The Spot – LGD

TOPIK-TOPIK EOTS (Essay on The Spot) & LGD LPDP Batch 1 2016

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016