Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

due to  amount of request for IELTS subject after my first post hit  4k views in 3 days, It feels obligated to write about how I study IELTS in a month. I hope it helps.

saya paham benar IELTS adalah satu-satunya kunci penting untuk dapat lanjut sekolah, tidak hanya untuk lulus beasiswa, tetapi  kemampuan berbahasa inggris saya ini akan menjadi bekal hidup dan bekal sukses saya untuk selamat/ survive berkuliah di luar negeri. Dari situ saya belajar luar biasa tekun secara otodidak. Kenapa otodidak, karena saya sendiri tidak pernah cocok dan  yakin akan kursus. Yang paling penting disini, saya yakin akan diri saya sendiri.

Apa itu IELTS? Kepanjangan dari International English Language testing System, tes yang dirancang untuk menilai kemampuan bahasa inggris kamu, dan merupakan produk UK, berbeda dari TOEFL yang merupakan produk USA. Bisa langsung kunjungi  disini untuk info mendetail, yang pasti bagi yang akan melanjutkan S2 wajib mengambil IELTS Academic module. Pastikan universitas yang akan kamu daftar masuk ke dalam daftar Tier 4  yang menerima IELTS Academic untuk ke UK. Apabila tidak termasuk ke dalam list  Tier 4, bisa jadi kamu harus mengambil IELTS UKVI Academic yang tesnya hanya bisa di Jakarta dan biayanya 2x lipat dari IELTS biasa. Umumnya universitas-universitas terkemuka menerima IELTS biasa, tidak perlu IELTS UKVI.

 

  1. Susun Schedule

Dimulai dengan menge-set jadwal belajar yang kira-kira seperti ini.

ASA

Untuk mengetahui berapa total jam kamu butuhkan  untuk belajar hingga mencapai target IELTSmu, pertama kamu harus tahu kemampuan kamu dimana. Bisa dengan melakukan test ielts keseluruhan di awal seperti sebenar-benarnya tes IELTS, kemudian lihat nilaimu.  Waktu itu setelah tes sendiri, ketahuan nilai saya adalah 5,5 overalnya. Menurut sebuah studi untuk menaikkan satu skor IELTS dibutuhkan sedikitnya 220 jam belajar. Berdasarkan studi ini, saya mengkalkulasikan kebutuhan belajar saya, dan target kapan saya harus mendapatkan nilai IELTS, dimana rata-rata universitas memulai pendaftaran pada bulan desember,seperti di  di Swedia, eropa lainyya, terutama program Erasmus; maka saya memutuskan untuk mengambil tes IELTS pada bulan November. Oleh karena itu saya memadatkan jadwal belajar super ketat itu selama 1 bulan saja.

Jadwal belajar ini telah banyak mengalami revisi, sebulan sebelumnya sebelum menyentuh IELTS, saya belajar grammar total dari nol kembali, untuk merefresh ingatan saya mengenai ini. saya sendiri menggunakan buku latihan  Grammar Betty Schramper Azar. Ternyata ini sama sekali tidak akan membantu studi IELTS-mu, ketika belajar IELTS kamu otomatis belajar bahasa inggris, jadi mungkin part belajar grammar ini bisa di-skip saja, kecuali kalau memang grammar basic kamu terlalu terlalu terlalu parah, contoh: belum tahu kapan memakai is am are, atau was were.

Anyway, kalau kamu perhatikan latihan listening adalah yang paling banyak, yakni setiap malam. Ini karena saya paling concern dengan listening . Dan lagi pun latihan  listening tidak banyak memakan waktu, sekitar 30 menit. Dalam satu hari saya biasanya menghabiskan minimal 2x latihan listening, kadang sampai 4x latihan (*onother reason, karena senang lihat skor yang berjajar naik nilainya  di dinding kamar).

Jadi kalau kamu merasa bagian terlemah dari kamu adalah writing, mungkin kamu perlu latihan writing setiap malam. Jadi tergantung kamu ya schedule ini.

Setiap harinya saya belajar teori 8 jam di siang hari dan latihan di malam harinya selama 4 jam.  Jadi sehari saya belajar teori dan latihan selama 12 jam, maka dalam sebulan saya telah belajar 240jam. Ini hanya peritungan kasar kebutuhan belajar, kembali lagi kualitas dari proses kamu belajar paling menentukan. Serius atau tidak.

 

 

  1. What to do now?

Untuk bahan wajib yang harus kamu miliki:

  • kamu perlu mengeprint buku latihan IELTS Cambridge 1-12 (*bukunya bisa langsung di googling saja untuk download) yang masing-masing terdiri dari 4 tes. Di print ini penting agar membuat kamu memiliki environment yang sama persis seperti saat tes berlangsung, jangan berlatih didepan laptop saja, karena bolak-balik kertas pun akan memakan waktu, you have to deal with that.
  • wajib mengeprint buku  Common Mistakes at IELTS intermediate dan Advanced . Buku ini kecil tetapi sangat-sangat berguna, dan wajib dimasukkan ke otak keseluruhan isinya tanpa terkecuali.
  • buatlah buku catatan untuk masing-masing modul, contohnya buku catatan Listening sendiri, catatan reading sendiri, Writing sendiri, speaking sendiri.  untuk mencatat semua materi penting.
  • Ketika menjawab soal baik listening, reading dan writing selalu gunakan IELTS  Listening Answer Form ,  Reading Answer Form ,  Writing Answer Form
  • kalau sempat ikuti kelas IELTS online di sini IELTS Online Course , dengan mengikuti kelas online ini, kamu akan diberitahukan lebih banyak lagi free source website untuk belajar IELTS. Hanya saja jadwalnya ditentukan oleh mereka, jadi kadang jadwal mereka sulit menyesuaikan dengan jadwal kita yang super tight itu.
  • video yang kamu wajib punya pertama dari Liz (download semua) ,beserta website belajarnya IELTS Liz  dan yang kedua dari  Emma (download semua juga) . karena video-video ini sangat berguna dan jelas dalam menjelaskan. (saya sebelumnya banyak mendownload berbagai sumber, namun tidak semuanya bagus. yang paling bagus dan menarik  menurut saya dari Liz dan Emma ini.
  • bahan untuk suplemen gunakan buku 101 Helpful Hints for IELTS (*bukunya bisa langsung di googling saja untuk download) dan untuk suplemen studi vocab sederhana gunakan  Buku Pintar IELTS Vocabulary ( I printed it, but I never really use this one)
  • untuk cara mengalkulasi nilai IELTS  bagian Listening dan reading kamu bisa menggunakan tabel berikut from  Liz ;IELTS-Listening-Scores

tabel skor untuk Listening

academic-reading-scores

Tabel Skor untuk Reading

 

 

Tips-tips Belajar:

  1. Listening

Saran saya untuk memperlancar listening adalah sbb:

  • yang paling pertama saya lakukan ketika belajar IELTS adalah melakukan trial test.
  • Kemudian setelah memperoleh skor, saya menghabiskan belajar dengan menonton seluruh video dari Liz dan Emma . saya banyak membuat buku catatan dari materi yang mereka berikan.
  • Saya tidak akan memberikan tips yang terlalu spesifik hingga ke materinya (karena  sudah lengkap dibuku), namun yang paling utama dari listening dan part lainnya adalah latihan latihan dan latihan. Practises make perfect itu super berlaku banget disini. Kelihatan dari skor IELTS saya yang paling tinggi Listening karena itu yang saya latih setiap hari (never skip a day), padahal sebelumnya saya paling takut dengan listening, apalagi listening ini umumnya menggunakan british accent. Buku bahan IELTS untuk listening menurut saya yang paling bagus adalah buku IELTS advantage untuk modul listening dan speaking, disitu dijelaskan dengan lengkap dan detail apa yang harus kamu dengar, format penulisan seperti format menulis alamat rumah di inggris (who knows about that, but we should).
  • Attention to details, listen for specifics. Kamu perlu terbiasa dengan british accent dan dengarkan per kata dengan detail. sebenarnya british accent ini malah memudahkan kamu dalam mengingat kata dan spelling, karena pengucapannya yang khas. Saya selalu mendengarkan podcast statistic  More or Less dari BBC London ketika saya berpergian atau sebelum tidur. Karena kontennya yang seru, wow, dan menyebutkan angka-angka. Bisa didownload langsung di BBC London website untuk podcast terbaru  More or Less BBC
  • Spelling counts, kalau kamu kekurangan satu huruf saja, otomatis salah. Contoh: ‘cats’ tapi kamu Cuma tulis ‘cat’
  • Pelajari british vocabulary. Karena bahasa inggris yang diajarkan di Indonesia adalah american english, kita sering tidak tahu kata-kata english british yang sebenarnya umum banget. Contoh: Lorry-Truck; chips-french fries; first floor-second floor; hoover-vacum cleaner, jumper- sweater. Bisa dipelajari disini British Vocab
  • Capital letter. Ikuti kaidah bahasa, beberapa kata harus diawali dengan huruf kapital. Seperti pada ‘I’ pada saya; nama orang ‘John’; singkatan ‘TOEFL’, daerah geografis seperti nama negara, nama kota, nama landmark ‘Eiffel’; kewarganegaraan seperti ‘Japanese’; pada nama agama ‘Islam’; pada perusahaan seperti ‘Microsoft’; pada title seperti ‘Prof’.
  • Kamu akan menjawab soal –soal tersebut langsung dikertas soal. Nanti setelah sesi listening habis kamu diberikan 10 menit untuk memindahkan jawaban. Jadi tidak perlu memindahkan jawaban langsung ke form ketika mengerjakan soal, akan memecah konsentrasimu pada listening. Tetap fokus pada listeningnya.

 

2.Reading

  • Untuk reading tentunya kamu perlu menguasai teknik scanning dan skimming. Mungkin kamu akan kesulitan diawal untuk membaca dengan scanning dan skimming karena terlalu banyak vocab yang kamu tidak tahu, oleh karena itu untuk membiasakan, kamu wajib mendapat PR bacaan, 1 hari 1 bacaan minimal. Bisa membaca theguardian (very recommended karena beritanya seru-seru dan british written), atau bacaan lainnya seperti novel inggris. Tapi saya sarankan baca theguardian karena tulisannya bagus-bagus dan vocab yang mereka pakai pilihan banget. Kamu perlu terbiasa intense membaca tulisan yang grammatically correct, sehingga kecepatan membacamu meningkat gradually. Dan untuk membuat saya mengingat kata-kata baru, biasanya selama membaca, saya akan menuliskan vocab baru itu di buku vocab saya.
  • Belajar dengan kualitas. Sama seperti general rule, latihan sangat penting, tapi jangan juga kamu terus-terusan latihan saja tapi tidak memperhatikan dimana letak kesalahan kamu dan tidak berusaha memperbaiki, contohnya kamu kesulitan di bagian False or True. Maka pelajari tips-tips mengenai false or true.
  • Untuk bahan teori, kamu bisa menggunakan buku IELTS advantage reading. Menurut saya ini cukup mendetail dalam melatih dan memberikan tips. Buku ini melatih kita sedikit demi sedikit, namun pasti. Jadi ketika mempelajari buku ini, kamu perlu bersabar dan menghabiskan semua bahan.
  • Berbeda dengan listening yang diberikan waktu 10 menit untuk memindahkan jawaban ke kertas form jawaban, untuk reading tidak ada alokasi waktu. Jadi setiap telah menyelesaikan 10 soal, langsung transfer jawabanmu ke form jawaban

 

 3. Writing

  • Bagian writing ini kamu bisa mempelajari secara mendetail di pakarnya, yang menurut saya tips yang diberikan sangat jitu di IELTS writing 1 by simon dan IELTS writing 2 by simon . Print bahan-bahan writing yang diberikan oleh Simon di websitenya, dan temukan pola yang diajarkannya. (will write more about this next time)
  • Kemudian untuk writing, beberapa buku menyarankan bermacam-macam yang kadang bisa benar kadang bisa jadi salah, untuk writing saya tidak menyarankan buku IELTS advantage writing, karena prinsip yang mereka pakai berbeda jauh  dan bertolak belakang dengan yang diajarkan oleh Simon. Oleh karena itu untuk writing saya sangat recommend untuk menggunakan pedoman sebagaimana yang diajarkan pada website simon tersebut.
  • Selalu gunakan form writing IELTS. Ini penting, karena IELTS writing 1 minimum 150 kata, writing 2 250 kata, apabila kurang kamu kena pinalti, dan apabila terlalu kebanyakan kamu juga kena pinalti. Sedangkan dalam ujian waktu luar biasa tight, tidak mungkin kamu menghitung per kata lagi, oleh karena itu selalu gunakan form writing tersebut saat latihan, sehingga kamu tahu seberapa panjang tulisanmu di kertas itu.
  • Pada writing kamu tidak perlu menggunakan adverb dan adjective terlalu banyak hanya untuk terlihat keren, sehingga tulisan terkesan tidak natural dan kurang ber-nas. Agar tulisan kamu ber-nas, kamu perlu mempelajari topik-topik yangs sering keluar. Saya bahkan menghafalkan semua topik yang ada. Menghafal topik ini tidak hanya berguna untuk writing, tetapi juga untuk speaking, ketika kamu harus mendeskripsikan sesuatu. Bahan untuk topik ini tersedia di buku ini  IELTS Tips & Trick by Ilham Reza, print kan semua bahan resume topik-topik writing tersebut dan hafalkan (topik-topiknya saja). Waktu itu saya menghafalkan seluruh topik sehari sebelum tes, karena telat mendapatkan topik-topik bagus tersebut.
  • Normalnya per baris kita menulis 13 kata, ingat rumus ini.
  • Yang dinilai dalam writing 2 adalah:
    • 25% task response (jadi jangan bertele-tele dalam menulis, langsung saja kemukakan, agree or disagree, or middle position)
    • Focus ideas (directly to the topic)
    • Supported ideas (explain ideas)
    • Developed + extended ideas
  • Untuk writing 2, ingat rumus berikut (dengan rumus ini kamu tidak akan kekurangan kata atau kelebihan kata terlalu banyak);
    • Introduction – 2 kalimat
    • Body 1 – 5 kalimat
    • Body 2 – 5 kalimat
    • Conclusion – 2 kalimat

 

4. Speaking

  • Pada speaking kamu akan ditanyai hal-hal sederhana, dan cukup santai, hanya saja kamu pastinya dalam keadaan nervous, oleh karena itu latihan adalah menu wajib.
  • Kamu wajib berbicara dengan terstuktur. Speaking ini sama halnya seperti kamu writing dengan grammartically correct. Tidak ada boleh salah menyebutkan verb atau noun. Kamu perlu teliti dalam pengucapan. Banyak yang mengira speaking adalah bagian termudah, sehingga mengabaikan kaidah-kaidah yang dinilai dalam IELTS speaking.
  • Bersikap spontan, namun bukan berarti menjawab dengan tidak relevan. Jawablah apa yang kira-kira kamu langsung ingat, tidak perlu memanipulasi hal-hal sederhana, seperti kamu sebenarnya hobinya tidur, namun ketika speaking kamu bilangnya hobi main golf. Ini akan membuat jawabanmu tidak spontan, dan berlepotan.
  • Biasakan berbicara bahasa inggris, kalau tidak ada lawan bicara, kamu bisa berbicara di depan webcam sendirian, lalu putarkan kembali untuk kamu review.
  • Biasakan mengemukakan pendapat dengan terstruktur ala bahasa inggris.
  • Tonton pula beberapa video ielts dalam berbagai band agar kamu bisa punya komparasi ielts speaking  Band 9, ielts speaking  band 8 , ielts speaking  band 7, ielts speaking  band 6 , ielts speaking  band 5 , setelah melihat video-video tersebut kamu bisa melihat accent tidak lah dipermasalahkan, yang penting kamu berbicara dengan terstruktur, tidak perlu terburu-buru, tenang adalah kuncinya.
  • Dalam IELTS pilihan kata penting, kemampuan menggunakan academic vocab akan memperlihatkan kemampuan kamu berbicara dalam banyak variasi inggris. Video beberapa saran penggunaan kata pilihan yang akan menambah nilai IELTS kamu disini
  • sebenarnya saya latihan speaking sehari sebelum tes, due to large amount of study load on reading, dan juga terlalu yakin sama diri sendiri udah bisa speaking, dengan  secret method  ini that I know yang tinggal diulangi . Akhirnya speakingnya cuma 6. Jangan ulangi kesalahan saya, berlatih speaking itu esensial.

 

 

  1. Kapan Waktu Tepat Untuk Mendaftar

Ketika latihan kamu perlu membuat kertas skor, untuk melapor progress nilai kamu per hari nya, dan tempelkan di dinging (jadi kemana-mana nampak). Ketika nilai kamu telah menunjukkan peningkatan dan steady di atas 7 atau 8, maka kamu sudah dapat mendaftarkan IELTS. Ingat nilai yang kamu dapatkan selama latihan itu, akan drop 1 angka pada hasil aktualnya. Misalnya pada saat latihan saya konsisten mendapat skor listening 8.5, namun aktual tesnya setelah saya mengikuti tes ielts nilai listening saya 7.5. jangan mendaftar IELTS sebelum laporan nilai kamu konsisten nilainya di atas skor  7 jika targetmu ielts 6.5.

Saat itu saya mendaftar di British Council Medan, tempat tesnya sangat bagus, di Lippo Plaza, gedung baru, jadi semua fasilitas baru dan bagus. Kenapa di British Council bukan di IDP, karena saya kebanyakan belajar versi british dibanding versi australia, jadi saya memilih british council (tapi saya juga kurang tahu pasti apa perkiraan saya benar). Kekurangannya tes di british council, ketika kedepannya kamu ingin mereka menginginkan mengirimkan IELTS kamu ke universitas tujuan  secara online atau paket, kamu harus menghubungi british council Jakarta, dan menghubungi British Council Jakarta dari Aceh  itu susah luar biasa, sebagaimana pengalaman saya.

apakah sebelum test kamu perlu ikut test IELTS trial/prediction, kalau di Banda Aceh sepertinya tidak perlu, lagipun saya belum menemukan tempat yang bonafit yang dengan sunguh-sunguh membuat test IELTS trial. I did once, di salah satu tempat belajar bahasa inggris where the rest of acehneses go for studying IELTS di Banda Aceh, tapi setelah tes, janjinya hasilnya keluar dalam 2 minggu, tapi sampai 3 minggu belum diperiksa total, dan akhirnya sampai sekarang skor nya entah berapa. Kalau mau, bisa ikut tes TOEFL prediction di balai bahasa saja, I did it once selama belajar ielts, dan skor TOEFL saya ikut menanjak drastis.

Mendaftar IELTS test dilakukan secara online di sini dengan memilih lokasi tes. Biayanya pada saat saya test November 2015 sekitar 2,7 juta.

Hasil IELTS kamu akan keluar 13 hari setelah tes secara online, dan sertifikastnya juga akan dikirimkan ke rumah setelahnya.

selamat berjuang!

I hope it’s helping, cant share more materials, due to property rights dan kelangsungan hidup blog ini. Kalau ada pertanyaan ask in the comment below.

 

Baca Juga:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

IELTS WRITING TASK 2 FOR DUMMIES

FASIH BAHASA INGGRIS DALAM 14 HARI

8 SERBA-SERBI SERUNYA KULIAH DI INGGRIS DARI SISI KARAKTER BELAJAR-MENGAJARNYA

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

TOPIK-TOPIK EOTS (Essay on The Spot) & LGD LPDP Batch 1 2016

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016

SITUASI TES SUBTANTIF LPDP BATCH 1 2016 Wawancara – Essay On The Spot – LGD

APA SAJA YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH PROGRAM MASTER?

STEP BY STEP DETAIL MEMBUAT VISA TIER 4 STUDENT UK SENDIRI

ULTIMATE CHECKLIST FOR UNIVERSITY LIFE

LIST OF FLIGHTS’ BAGGAGE ALLOWANCE