Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1

Kuliah ke Swedia, (btw new domain loh kikyedward.com today! )

Stockholm_Sweden_Tablet_1920x960

 Stockholm by Whitecase.com

Saya akan menjelaskan step by step for dummies seperti biasa. let’s go!

Untitled1.png

 Pendaftaran Universitas Swedia dan Beasiswa  Swedish Institute

Mendaftar Universitas di Swedia dan mendaftar beasiswa swedish institute adalah dua hal yang berbeda yang harus dilakukan bersamaan.

Mendaftar universitas Swedia agak berbeda dengan cara mendaftar di universitas luar negeri lainnya, karena  mereka menggunakan sistem satu pintu, dimana kita hanya perlu menggunakan satu portal yang sama untuk mendaftar kebeberapa universitas, mirip dengan sistem SBMPTN yang ada di Indonesia. Sama seperti SBMPTN, pendaftaran dilakukan di Universityadmisssions.se ini memiliki jadwal pendaftaran sendiri, yakni pada setiap tanggal 1 Desember  hingga 15 Januari tiap tahunnya. Jadi kalau kamu berniat berkuliah di Swedia, persiapkan diri sedini mungkin dan be aware dengan jadwal-jadwal mereka.

 

  • Mendaftar Universitas (Important to Know)
    1. Mendaftar universitas adalah dari 1 Desember hingga 15 Januari di universityadmissions.se , deadline ini sudah termasuk deadline untuk membayar Application Fee sebesar 900SEK. Pada tanggal mendekati deadline, traffic di website universityadmission.se menjadi sangat padat dan macet, Jadi pastikan kamu telah menyelesaikan aplikasi pendaftaran setidaknya 5 hari sebelum deadline.
    2. Swedia sangat memudahkan applicant dalam mencari informasi mengenai universitas mereka, bahkan untuk mencari info pun kamu tinggal mencari di mesin pencari mereka  disini , dan kamu akan link direct ke website universitas untuk page yang tepat. (cara mendaftar step by step for dummies akan dijelaskan di paling bawah post ini)
    3. Jika kamu berniat mendapatkan beasiswa dari Swedish Institute, kamu harus menyesuaikan jurusan yang kamu pilih dengan jurusan yang disupport oleh swedish institute, karena swedish institute punya pilihan jurusan-nya sendiri, kelebihannya jurusan yang ditawarkan sangat-sangat beragam dan hanya di universitas paling top di swedia dan pastinya menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. List jurusannya bisa dilihat disini Eligible Master Programs SISS 2016-2017 . cara mendaftar beasiswa Swedish Insitute akan dijelaskan juga)
    4. Perlu diperhatikan saat memilih universitas, mereka akan meminta kamu merankingkan pilihanmu. Pilihan nomor 1 berarti prioritas 1, pilihan kedua berarti prioritas 2, dan seterusnya. Kamu berhak mendaftar di 4 universitas sekaligus. Aplikasimu akan dinilai bertahap per universitas sesuai prioritasmu.
    5. Kamu akan diminta melengkapi dokumen pendaftaran dan menguploadnya ke portal seperti paspor, transkrip & translation, ijazah dan translation,  Eropass CV sepanjang 3 lembar tergantung permintaan universitas, motivation letter tergantung permintaan universitas, Recomendation letter, dll. Beberapa universitas bahkan tidak meminta motivation letter atau recomendation letter seperti Lund University, dan Umea University. Ikuti langkah mempersiapkan dokumen disini.
    6. Kamu perlu membuat sistemisasi penamaan dokumen, agar kamu tahu bahwa dokumen yang kamu butuhkan sudah terupload (Contoh: Transcript-Translation-Fakinah-Edward) . Di portal ini apapun yang kamu upload tidak mungkin dihapus lagi.
    7. Ingat apabila kamu mengupload dokumen, maka seluruh aplikasi pendaftaran hanya menggunakan sistem upload saja. Apabila kamu menggunakan sistem pengiriman berkas, misalnya karena kamu harus mengirimkan portofolio desain, maka sistem pengiriman berkas semuanya harus lewat pos saja, tidak boleh mengupload. Kamu dilarang menggunakan kedua sistem, yakni upload dan kirim berkas. Pilih salah satu. Namun beberapa universitas seperti Chalmer University menyediakan metode upload portofolio yang terpisah dengan portal universityadmission.se jadi pastikan kamu sudah membaca persyaratan setiap universitas yang akan kamu daftar di masing-masing website universitas.
    8. Dengan pendaftaran hanya sebesar 900SEK, atau sebesar 1,5 juta, dapat mendaftar di 4 universitas ternama sekaligus, it is worth the money.
    9. Kamu akan mendapatkan sebuah identification number sebanyak 7 digit, nomor ini dicatat di dinding yang mudah kamu lihat. Karena akan banyak berguna pada saat pendaftaran beasiswa Swedish Institute dan juga mengecek kelulusan beasiswa.
    10. Kamu masih bisa merubah-rubah prioritas universitasmu selama masih pada tanggal 1 desember- 15 januari sebelum portal pendaftaran dikunci.
    11. Apabila kamu ingin mengganti universitas, dengan memilih universitas yang tidak ada di list 4 universitas yang kamu pilih, maka kamu harus menghapus aplikasi pendaftaranmu dan memulai lagi yang baru. Dengan demikian kamu akan mendapatkan identification number yang baru.
    12. Jangan khawatir tersesat, portal ini very handy. Semua yang kamu cari ada disitu infonya. You just need to read.

 

JAGA DEADLINE BERIKUT:

  • 1 December Portal pendaftaran dibuka penuh
  • 15 January Deadline pendaftaran
  • 29 March First notification of Selection Result
  • 14 April Deadline Accepting Offer
  • August 2016 Berangkat ke Swedia

 

 

 

  1. Step by Step Mendaftar Universitas Swedia
    1. Sign up di portal  universityadmission.se dan pilih Log In, kemudian Create Account21.png4.png
    2. Kemudian Pilih no I don Have a Swedish Personal ID number5.png
    3. Kemudian isi biodata dengan jujur, dan klik Create an Account. dan akun pendaftaran pun selesai6.png7.png
    4. Sekarang kembali ke page utama/home. kita dapat memilih-milih jurusan dan universitas atau mencari mencari info detail. tinggal memasukkan keyword. contoh: Real Estate2.png
    5. maka akan muncul beberapa jurusan Real Estate dari beberapa Universitas. pada saat masa pendaftaran, kamu dapat memilih jurusan tersebut, dan jurusan tersebut akan masuk ke list My Selection. Maksimal 4 Pilihan jurusan atau universitas. kemudia klik To Application, dan pendaftaran akan divalidasi.3.png
    6. Pilih Jurusan dan Universitas, kamu bisa memilih hingga 4 universitas, dan buatlah prioritas/rankingkan sesuai preferensi kamu. seperti di gambar dibawah ini bisa dilihat saya memilih KTH Royal Institute of Technology sebagai pilihan pertama, diikuti Chalmer University of Technology, Lund University, dan Umea University.18.png19.png
    7. Jangan Lupa Catat Application Number
    8. selanjutnya adalah upload dokumen, klik Document lalu klik Upload Document9.png10.png
    9. Kemudian mulai upload dokumen, klik add to the list for upload, setelah itu klik Continue12.png
    10. jangan lupa untuk membuat penamaan yang sistematis, contoh: Transcript-Translation-Fakinah-Edward. karena setelah mengupload kamu sama sekali tidak bisa mengotak-atik file yang telah diupload, jadi bekerjalah hati-hati. seluruh file yang kamu upload akan bisa diakses oleh pihak ke 4 universitas yang kamu daftarkan. setelah di upload kamu bisa melihat file apa saja yang telah di upload seperti berikut.13.png14.png15.png16.png
    11. setelah upload selesai, selanjutnya adalah membayar Application fee. Klik Application Fee. cara terbaik untuk membayar application fee adalah dengan menggunakan credit card. karena transaksi berlangsung pada detik itu juga, paling aman, dan pekerjaanmu pun cepat selesai. tidak masalah apabila menggunakan kartu kredit milik orang lain. Apabila kamu tidak punya pilihan dan harus membayar menggunakan transfer antar bank, transaksi antar bank bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu, jadi bersabarlah.17.png
    12. Setelah Membayar, maka applikasi pendaftaranmu pun selesai . Congrat!!

 

 

Setelah mendaftar, pada tanggal 29 Maret 2016 sayapun dinyatakan lulus untuk pilihan pertama saya yakni di KTH Royal Institute of Technology. 

 

1.png  my  Acceptance

borggarden-KTH.jpg

 KTH Royal Institute of Technology via www.iagora.com

Setelah Mendaftar universitas di swedia, kamu berkesempatan memenangkan beasiswa penuh dari pemerintah swedia yang dikenal dengan Swedish Institute Scholarship. Beasiswa ini tersedia untuk program Master dan Doctorate. Karena post ini sudah terlalu panjang,  saya akan menjelaskan cara mendaftar Beasiswa Swedish institute secara detail  disini Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2

Why I like Sweden

anyway Saya senang banget bisa diterima di KTH Royal Institute of Technology, entah kenapa waktu buat pasport pun ditanya, “kenapa mau cepat-cepat perbaharui pasport padahal masih lama berlakunya”. lalu saya jawab, “saya akan sekolah lagi”. “kemana?” tanpa mikir  panjang saya jawab, “Ke Stockholm, Swedia”. padahal waktu itu sama sekali belum daftar universitas apapun. pada tanggal 12 April 2016, 3 hari setelah PK LPDP, lagi setelah itu saya mendapatkan bessiswa penuh juga dari swedish Institute. sempat dilema parah (sampe sekarang masih).

Kenapa saya senang Swedia, perlu diketahui Swedia itu keren deh. Sony Ericsson saja lahir disana. penyanyi terkenal ABBA juga dari Swedia. Eurovision 2016 aja di Swedia, kalau kamu nonton pasti tahu Super high tech stage yang you cant describe too amazing. berbeda dengan London, Megapolitan yang orang-orangnya agak high personality, orang-orang Stockholm itu lebih santai dan humble, as my friend said who lived there for 2 years.

But anyway, tidak hanya bisa berkuliah dikampus yang super cool dan bahasa pengantarnya bahasa inggris pula, tapi kamu juga bisa belajar bahasa Swedia. orang-orang Swedia umumnya menguasai 4 bahasa sekaligus. environmentya disana juga sangat friendly dan tenang.

 

Baca Juga:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2

Questions & Answers Mendaftar S2 di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

TOPIK-TOPIK EOTS (Essay on The Spot) & LGD LPDP Batch 1 2016

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016