TAGS: applicationbeasiswabeasiswa penuhChalmerChalmer University of Technologyfull scholarshipIdentification number in Universityadmission.seInternational ScholarshipKTHKTH Royal Institute of TechnologyLund UniversityMasterpanduanpendaftaranSchoalrshipSCHOLARSHIPStockholmswedenswedishswedish instituteSwedish Institute Study ScholarshiptipsUmea UniversityUniversity admissions




Kamu sebelumnya mungkin telah membaca artikel saya mengenai  mengenai Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1. berikut adalah sambungan lengkapnya setelah kita menyelesaikan pendaftaran di Universityadmissions.se  ; Panduan mendaftar beasiswa Swedish Institute Scholarship. Untitled1.png

 

  • Yang kamu Harus Tahu

Swedish Institute Study Scholarship atau di kenal dengan SISS ini merupakan beasiswa Internasional dari  pemerintah Swedia yang mencover tuition fee dan living cost,  termasuk biaya keberangkatan, asuransi kesehatan, dan visa yang gratis. Dari target negaranya kita bisa melihat mereka banyak menyasar applicant dari negara2 timur tengah dan afrika, bahkan negara perang seperti syria mendapatkan jalur khusus, dengan diberikan beberapa kemudahan seperti mereka tidak harus memiliki pengalaman kerja 2800 jam.  Tujuan mereka adalah mempromosikan interest dan confident in sweden di seluruh dunia.Mereka berusaha membangun kerja sama dan hubungan yang everlasting dengan negara lain melalu komunikasi strategis, pertukaran dibidang budaya, pendidikan, sains, dan bisnis. (keren yah, cuma mau punya hubungan yang sampai everlasting gitu targetnya, mereka ngeluarin uang banyak banget, udah lebih effortnya dari orang yang mau diangkat jadi menantu).0001 - Copy.jpg

Potongan Footer dari SI Scholarship Offer yang saya terima

 




Beasiswa ini diberikan per tahun  senilai 99.000 SEK. Apabila masa studi kamu 2 tahun, maka kamu dapat memperpanjang beasiswa ini dengan menunjukkan perolehan akademismu setidaknya 75% (dimana-mana beasiswa sama mengenai hal ini).

Beasiswa ini juga tidak mengikat kita pada kontrak apapun setelahnya, mereka hanya berharap kita dapat mengabdi di negeri kita sendiri setelah kembali, dan menjadi pemimpin dibidangnya. Karena sedari awal mereka mencari bibit-bibit pemimpin muda. Setelah tamat, kamu akan diarahkan dan dibimbing untuk menjadi pemimpin profesional dan bergabung di  SI Network for Future Global Leader.  Dengan kata lain kamu masuk dalam jaringan scholar dan calon pemimpin internasional yang berbasis di Swedia.

 

  1. Persyaratan Mendaftar
    • Tidak semua negara bisa mendaftar di beasiswa ini, untungnya Indonesia termasuk. Untuk list lengkap negara-negara yang boleh mendaftar lihat disini . Kamu bisa lihat bahwa indonesia masuk kedalam kategori 2. Negara pada kategori 1 akan mendapat 200 kuota beasiswa, kategori 2 100 kuota beasiswa, dan kategori 3 100 kuota beasiswa.
    • Kamu tidak bisa mendaftar beasiswa ini apabila:
      1. Tinggal di swedia dari sebelum perkuliahan yang dibiayai beasiswa ini dimulai, contohnya perkuliahan dimulai 15 agustus 2016, maka bila kamu pernah tinggal di Swedia hingga sebelum 15 agustus 2014, kamu masih bisa mendaftar, tapi apabila tinggal di swedia hingga setelah 15 Agustus 2014, maka kamu tidak dapat mendaftar beasiswa ini
      2. Memiliki permanent residence Swedia atau EU/EEA, kecuali kamu mahasiswa dari Syria
      3. Pernah mendapat beasiswa Swedish Institute level master
      4. Sudah memiliki degree dari universitas Swedia
      5. Sedang berkuliah di Swedia
  • Harus memiliki pengalaman kerja minimal 2800 atau 2 tahun. Walaupun pada saat kamu mendaftar kamu sedang tidak bekerja, namun apabila kamu telah memiliki pengalaman kerja 2.800 jam tersebut, maka kamu berhak mendaftar beasiswa ini. pekerjaan yang dimaksud disini bisa:
  1. Full-time employment
  2. Part-time employment
  3. Voluntary works
  4. Paid or unpaid internship
  5. Position of trust

*disini artinya segala macam pekerjaan, asalkan kamu benar-benar bekerja tidak masalah, ketika saya mendaftar , saya masih merupakan fresh graduate, untuk mengkalkulasikan pengalaman kerja ini, saya memasukkan pengalaman selama menjadi sekretaris laboratorium dikampus, pengalaman praktik kerja lapangan, pengalaman kerja di CV. Milik teman, pengalaman kerja membuka startup, dsb.




  • Memiliki kemampuan kepemimpinan. Inilah yang dicari oleh beasiswa ini, mereka menginginkan awardee nya kelak akan menjadi pemimpin di negara asalnya, sedikit banyaknya maka pengaruhnya dari belajar di Swedia akan terbawa, dan tentu saja akan terjalin hubungan bilateral yang baik. Oleh karena itu setiap bentuk kepemimpinan pastikan tercermin dalam CV mu.
  • Kamu harus lulus universitas di Swedia yang kamu daftarkan di  Universityadmissions.se. apabila kamu tidak lulus, hanya masuk list cadangan/ reserve list universitas, maka dipastikan kamu tidak akan mendapat beasiswa ini, jadi ketika mendaftar univeritas di Swedia lewat Universityadmissions.se pastikan aplikasi pendaftaranmu yang paling sempurna.
  • Sama seperti LPDP yang memilki bidang-bidang prioritas, yang menentukan nilai passing grade, beasiswa SISS ini juga memiliki bidang-bidang yang diprioriotaskan untuk lulus. Berikut adalah list bidang-bidang yang diprioritaskan SISS:
    1. Agriculture and food security
    2. Conflict resolution, peace and security
    3. Democracy, HR
    4. Education
    5. Engineering and technology
    6. Environment and climate
    7. Equality/Equal opportunities
    8. Health
    9. ICT and E-solutions
    10. Innovation, entrepreneurship management and/or leadership
    11. Law
    12. Life science
    13. Market development
    14. Sustainable development
    15. Trade and investment

 

  • Oleh karena mereka memiliki bidang-bidang prioritas, maka agar tidak membingungkan para applicant maka beasiswa ini menerbitkan List jurusan master yang bisa kita pilih. Jurusan yang ditawarkan amat sangat beragam dan dari univeritas-univeritas paling top di swedia. Listnnya bisa dilihat disini Eligible Master Programs 2016-2017 (ini merupakan list tahun lalu, tahun depan mungkin akan berubah)

 




2.Mendaftar Swedish Institute Scholarship

  1. Ini merupakan beasiswa termudah yang saya pernah daftar sejauh ini, dan lulusnya pun mudah menurut saya. Aplikasinya sangat sederhana; semuanya online, tidak ada wawancara, dan persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini juga rendah, karena juga tidak banyak yang tahu. Selain itu beasiswa ini juga beasiswa yang dermawan dan servisnya tinggi. setelah dinyatakan lulus beasiswa, jangan heran kamu bakal banyak mendapat undangan gathering dengan kedutaan, dengan universitas, dengan keduataan negara-negara nordic, yang tentunya tidak diadakan di sembarang tempat. Jadi kamu wajib coba.
  2. Pendaftarannya terdiri dari 2 tahap, yakni tahap I dan tahap II. Tahap I kita hanya mengisi beberapa pertanyaan general, seperti kamu berasal dari bidang apa? Kamu berkontribusi dibidang apa? Berapa jam kamu telah bekerja? Apa kontribusimu (tulis dalam 250 karakter saja), dsb. Luar biasa general, yang kamu ga perlu mikir panjang ngisinya. Seperti biasa jangan menjadi deadliner, yang mendaftar beasiswa ini dari seluruh dunia, dan pada hari-hari terakhir portal aplikasi akan menjadi luar biasa padat, so please be an early bird.. (Ingat deadlinenya 1 Dec- 20 Jan)
  3. Sedangkan tahap 2 kita diwajibkan mengupload beberapa file seperti surat bukti pernah bekerja sekian jam sesuai format yang mereka berikan, dan juga motivation letter sesuai format. Aplikasi tahap 2 ini sangat singkat, hanya dibuka selama 5 hari, jadi semua dokumen yang diminta sudah dipersiapkan semenjak 1 Februari ya, semenjak kamu dinyatakan lulus tahap 1 yang mana pengumumannya early February yang biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 2. (Deadline  8-13 Feb)
  4. Jangan mendaftar telat, daftar lah di awal as an early bird, saya juga kurang paham apa kriteria yang mereka gunakan untuk menyeleksi tahap satu, karena kita hanya mengisi pertanyaan-pertanyaan yang sangat general di portal pendaftaran. Bisa jadi mereka akan melihat aplikasi-aplikasi yang mirip karena setiap orang dibatasi dalam menjawab sekitar beberapa karakter saja, mungkin siapa yang paling cepat mendaftar dia yang dapat (hanya mungkin).
  5. Setiap mengisi aplikasi step 1 maupun step 2 selalu perlihatkan kemampuan kepemimpinanmu dengan memberikan contoh. Jangan lupa selalu tunjukkan kamu berkapasitas memimpin, karena itu yang dicari oleh beasiswa ini.

 

 



3.Step by step mendaftar swedish Institute Scholarship Tahap I

  1. Masuk ke portal pendaftaran Swedish Institute  https://applications.si.se/Home1.png
  2. Klik Log In  kemudian Klik New User, selebihnya kamu tinggal mengisi biodata2.png
  3. Setelah membuat akun, kamu sudah bisa memulai aplikasi pendaftaran beasiswa SI, Klik new Application3.png
  4. setelah itu kamu akan direct kebeberapa program beasiswa yang tersedia, pilih Swedish Institute Study Scholarship Master Program Step 1(gambar dibawah ini hanya mirip, karena saat ini program tersebut sedang off, nanti dibuka lagi sesuai jadwal)4.png
  5. Setelah menjawab seluruh pertanyaan yang sifatnya general seperti bidang kamu apa, berapa jam sudah bekerja, identification number, dsb. maka aplikasimu pun selesai. Submit!
  6. Setelah itu kamu pada tanggal 1- 2 februari kamu akan dinotifikasi apakah kamu lulus tahap 1 atau tidak. Cek apakah identification number mu tercantum dipengumuman. kamu juga akan dikirimkan notifikasi via email seperti berikut5.png6.png
  7. apabila kamu direct ke Website mereka klik disini , maka akan kamu temukan bahwa tahun 2016 mereka menyeleksi untuk tahap 1 dari 12.198 aplikasi (banyak banget) seperti berikut. karena Indonesia berada pada kategori 2, klik List of Succesful Candidates Category 27.png8.png9.png
  8. Maka dari hasil tahap I kita bisa melihat ada 215 aplikasi dari Indonesia yang lolos. Sedangkan pada akhirnya yang diterima adalah 22 aplikasi, termasuk aplikasi saya. Jadi perbandingan lulus beasiswa ini adalah 1 : 23. Untuk melihat pengumuman tahap 1 tahun 2016 bisa klik disini

 




 

 

4.Step by step mendaftar Swedish Institute Scholarship Tahap 2

  1. Untuk mendaftar tahap 2 kamu harus mempersiapkan:
    1. Motivation letter sesuai format yang diberikan oleh SISS, formatnya dapat didownload  disini pada setiap akhir bulan Januari . file tersebut harus diconvert ke PDF
    2. Europass CV sepanjang 3 lembar dan pada lembar ke-4 merupakan scan pasport, lembar pertama yang berisi foto, dan lembar terakhir passport yang berisi tanda tangan.. Selain dari format Europass CV tidak diakui. Berikut format  Europass CV
    3. Persiapkan sebuah surat rekomendasi dan bukti pengalaman kerja. Kedua jenis surat ini sesuai format yang diberikan SISS. Template nya juga akan tersedia didownload pada bulan Januari di sini. Kedua surat ini diconvert ke PDF juga.

 

  1. Untuk kiat sederhana menjawab motivation letter SISS bisa dibaca disini (kalau ada kesempatan nanti saya juga buat tips-nya)
  2. Setelah kamu mempersiapkan seluruh berkas, kamu dapat kembali lagi ke portal pendaftaran disini https://applications.si.se/Home dan log in ke account mu (remember password atau catat pasword dan username kamu ya, kalau lupa di tahap 2 bisa gawat)1 - Copy.png
  3. Kemudian pilih menu New Application dan kemudian pilih program beasiswa Swedish Institute Study Scholarship Master Program Step 2 (gambar dibawah ini hanya mirip, karena saat ini program tersebut sedang off, nanti dibuka lagi sesuai jadwal)3.png4.png
  4. Apabila kamu mendaftar di 4 universitas melalui Universityadmissions.se , maka disini kamu harus mendaftarkan 4x agar masing-masing universitas yang kamu daftar di Universityadmissions.se punya peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa. Contoh: saya mendaftar di KTH Royal Institute of Tecnology di peringkat pertama , maka sayapun membuat satu aplikasi pendaftarn SISS tahap 2 untuk KTH Royal Institute of Tecnology satu buah. Saya juga mendaftar di Chalmer Unviersity of Technology, maka saya juga membuat aplikasi pendaftaran SISS tahap 2 untuk Chalmer University of Technology. Total aplikasi SISS tahap 2 saya sebanyak 4 buah, karena saya mendaftar di 4 universitas swedia. Setiap kali kamu mendaftar untuk satu universitas maka kamu akan dikirimi notifkasi via email seperti berikut.10.png11.png12.png13.png
  5. Jika kamu perhatikan, nomor pendaftaran saya untuk masing-masing universitas pada SISS tahap dua ini berselang jauh nomornya, pada 2 hari terakhir traffic pendaftaran sangat padat, pada saat saya memasukkan aplikasi ada banyak orang lain juga sedang memasukkan aplikasinya, dan terkadang portal menjadi macet. Banyak yang tidak kedapatan mendaftar tahap 2 karena mereka deadliner, dan websitenya macet, walaupun akhirnya pihak SISS memperpanjang pendaftaran 1 hari lagi. Oleh karena itu kamu harus cepat, jadwal pendaftarannya tahap 2 ini sangat pendek, hanya 5 hari. Persiapkan berkas sebelum portal pendaftaran dibuka
  6. Pengumuman kelulusan akan diumumkan di sini klik pada Swedish Institute Study Scholarship Category 2 16.png17.png
  7. Pada tanggal 14 April  apabila kamu lulus kamu juga akan dikirimi Email berisi Scholarship Offer, Acceptance of Scholarship, Insurance certificate, dan Scholarship Regulation juga akan dikirimkan secara resmi. Berikut Schoalrship Offer milik saya. Congratulation! 0001.jpg

 




Welcome to Sweden

stockholm

*artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya saja  saat mendaftar beasiswa ini, bila ada kesalahan mohon dikoreksi. Semoga bermanfaat

 

 



BACA JUGA:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Questions & Answers Mendaftar S2 di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute

PANDUAN MENDAFTAR UNIVERSITAS SWEDIA DAN BEASISWA PENUH SWEDISH INSTITUTE PART 1

PANDUAN MENULIS MOTIVATION LETTER BEASISWA SWEDISH INSTITUTE STEP 2

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

TOPIK-TOPIK EOTS (Essay on The Spot) & LGD LPDP Batch 1 2016

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016




Comments

comments

Author

113 Comments on “Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2”

  1. Pingback: Kiky Edward
  2. Terima kasih sudah berbagi kiky,oh iya..untuk beasiswa ini syaratnya harus ada pengalaman kerja ya?
    Kiky tau gak jenis beasiswa apa aja yg ha ada interview? ^^

  3. halo kak kiky, saya mau tanya soal bukti kita sudah bekerja. seperti yang kakak bilang terkait fresh graduate, kakak kan mengkalkulasi dr seluruh pekerjaan kakak, nah apakah setiap detil pekerjaan itu hrs ada buktinya? atau bs hanya satu saja yang paling dominan? terimakasih

    1. nanti ketika kamu masuk shortlisted step 1 dan menuju step 2, akan ada formulir yang harus di tanda-tangani oleh tempat kita bekerja sebelumnya. disitu tertera nama tempat bekerja, yang menandatangani, jabatannya, dan berapa jam telah bekerja disana. formulir ini baru ada akhir januari.

  4. Hi Kiki, terimakasih informasinya yang sangat bermanfaat, boleh minta kontak emailmu kah ? terimakasih sebelumnya

  5. kak, mau tanya nih. kalo beasiswa dari SI ini ada tunjangan untuk keluarga gak ya? Soalnya saya berencana untuk membawa serta keluarga. terima kasih sebelumnya

  6. Mba Kiki, mau tanya, untuk 99,000 SEK/tahun itu hanya untuk living cost? Untuk biaya sekolah apa ada mekanisme pembayaran lain? Terima kasih

      1. Hallo mba kiki

        seneng banget baca blog nya.Informatif sekali.Saya mau tanya kalau sudah dapat beasiswa SI Masters apa bisa apply lagi untuk Phd di Swedia lewat beasiswa SI lagi ? Terima kasih mba sukses selalu 🙂

  7. Halo Miss Kiki, saya tertarik sekali melamar untuk beasiswa ini. Saya mau tanya soal surat bukti pernah bekerja. Sekarang saya freelancer tetapi pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta selama 2 tahun. Dari perusahaan sudah pernah mengeluarkan surat keterangan kerja pas saya resign dan menolak membuatkan surat seperti itu lagi dan surat ditulis dalam Bahasa Indonesia. Menurut Miss Kiki baiknya bagaimana ya? Karena sebetulnya suratnya ada hanya saja tidak sesuai format SISS dan tidak berbahasa Inggris. Terima kasih.

  8. Haloo kak kiky, mau tanya nih terkait pengalaman kerja, apa proyek kemasyarakatan dan mendirikan sebuah organisasi termasuk pengalaman kerja? dan bagaimana cara menghitung dalam jam nya? berarti ada kemungkinan bahwa surat penglaman kerjanya lebih dari satu karena org yang terkait yang harus memberikan ttdnya beda2? trmksh

    1. hi, iya bisa termasuk. hitungnya kira2 aja berapa banyak waktu tercurah disana, atau seberapa banyak yang diakui sama pemberi ttd. surat buktu itu hanya ada satu. namun di tandatangani banyak orang sekaligus. suratnya sesuai format yg diberikan pihak beasiswa, baru akan di upload akhir januari.

  9. Hallo kak mau tanya semisal saya diterima kemudian saya menolak beasiswanya karena dapat beasiswa dari lpdp untuk univ yang sama apa boleh ya? Maksudnya apa kalau saya tolak beasiswanya saya akan otomatis ditolak untuk masuk univ yang saya daftar? Karena saya berencana mendaftar lpdp juga. Pendaftarannya bersamaan namun pengumuman lpdp terlebih dulu keluar. Terima kasih

  10. Hi kak, mau tanya. Semisal saya diterima beasiswa SI terus saya tolak karena beasiswa LPDP lolos apa boleh ya? Apa saya akan otomatis ditolak dari universitas yg saya daftar jika saya menolak beasiswanya saja? Soalnya beasiswa LPDP dan SI ini berbarengan pendaftarannya tetapi lpdp pengumuman lebih dulu keluar.
    Kemudian untuk format surat keterangan kerja bisa dilihat dimana kak? Terima kasih banyak 🙂

  11. Hi kak, mau tanya. Semisal saya diterima beasiswa SI terus saya tolak karena beasiswa LPDP lolos apa boleh ya? Apa saya akan otomatis ditolak dari universitas yg saya daftar jika saya menolak beasiswanya saja? Soalnya beasiswa LPDP dan SI ini berbarengan pendaftarannya tetapi lpdp pengumuman lebih dulu keluar.
    Kemudian untuk format surat keterangan kerja bisa dilihat dimana kak? Terima kasih banyak🙂

    1. pengumuman lulus universitas terpisah dengan pengumuman beasiswa. jadi penerimaannya juga beda. kamu bisa accept offer universitas tetapi decline offer beasiswa SI. karena websitenya berbeda, dan tidak berpengaruh.

      format bukti kerjanya akan diupload bulan januari

  12. Halooo mbak… thanks banget uda share infonya. Kebetulan saya lagi mau nyoba insh 🙂 langkah awalnya kita harus daftar di universitas yang dituju ya mbak? agak bingung… mbak ada no whtsap? kalau g keberatan bisa inbox di email saya mbak reydia.89@gmail.com
    Thanks

  13. Terimakasih banyak mbak kiky atas informasinya tentang beasiswa ini.
    Saya ingin bertanya mbak, dari web resmi swedish institute saya membaca pernyataan sebagai berikut:

    Regarding university application, the applicants must also: be required to pay tuition fee according to the information at University Admissions (not applicable for applicants from Syria who currently live in Sweden on a residence permit that was granted on a basis other than studies).

    Apa artinya jika lolos beasiswa ini, sebelum beasiswa cair, kita harus membayar tuition fee awal dengan dana sendiri terlebih dahulu?
    Terimakasih sebelumnya

    1. hi, tahun lalu note itu ga ada sama sekali, dan biaya kuliah di tanggung. kamu bisa baca di surat offer scholarship saya, disitu ditulis dengan jelas, tuition fee ditanggung dan dibayarkan langsung ke universitas. untuk lebih tepatnya coba email pihak beasiswa, mungkin mereka ada kesalahan atau apa gitu, krn beasiswa SI ini beasiswa full.

  14. Terimakasih banyak mbak kiky atas informasinya terkait beasiswa ini. Saya ingin bertanya tentang pernyataan salah satu eligibility criteria di website swedish institute:

    Regarding university application, the applicants must also:be required to pay tuition fee according to the information at University Admissions (not applicable for applicants from Syria who currently live in Sweden on a residence permit that was granted on a basis other than studies).

    Apa artinya jika lolos, sebelum beasiswa cair, kita harus membayar tuition fee dengan dana sendiri terlebih dahulu?
    Terimakasih sebelumnya

    1. tidak ada bayar fee sama sekali harusnya, dan tidak menggunakan dana pribadi apapun, karena ini full scholarship. mengenai yang ditulis disitu, bagus nya kamu email pihak beasiswa. ntar kalau udah info terbaru, kabari kesini yaaa..

  15. Terimakasih Kak Kiky, ini sangat membantu sekali. Btw kak, kalau syarat di universitas nya meminta portofolio dan hasil tes IELTS, di section manakah saya harus mengupload kedua dokumen tersebut ya?

    terimakasih 🙂

  16. Halo Kiky, makasih udah share info ya.
    Btw apa kamu punya contoh surat keterangan kerja yang harus dilampirkan?
    Saya baca di web kan itu harus signed and stamp ya, sedangkan kamu bilang waktunya cuma 5 hari.
    Apa itu harus signed and stamped directly by employers? Soalnya terlalu susah ya kalau harus mengejar mantan atasan dalam waktu kurang seminggu.
    Satu lagi, apa freelance juga dihitung ya?
    Kebetulan saya dari bidang arsitektur, saat kuliah saya sempat freelance sebagai arsitek untuk proyek desain. Saya ada beberapa proyek asli dan kerja langsung dengan owner. Kalau mbak Kiky tidak yakin jawabannya saya mau kontak langsung ke pihak beasiswa. Terima kasih

  17. Halo mbak Kiky, saya mau nanya mengenai surat keterangan bukti kerja.
    Apa itu harus signed and stamped by employers? Soalnya di web tulisannya kalau tidak signed and stamped dia ga dianggap, tapi tidak dijelaskan itu oleh siapa.
    Mbak bilang itu cuma dikerjakan dalam 5 hari kan, apa tidak susah mengumpulkan surat bukti kerja dari semua tempat kerja?
    Terakhir, apa freelance juga bisa dihitung?

    1. signed and stamp by employers. saya dulu ga stamp, cm signed. dulu tdk ada harus stamp. freelance dihitung asal bisa buktikan. saya sih ga susah, selesai dalam 2 hari. udah notify employer berbulan2 sebelumnya

  18. mbak Kiki,

    apakah beasiswa ini mengikat? harus balik lagi ke indonesia?
    soalnya ada pilihan Future plan untuk work in Sweden.
    Apakah jawaban ini menentukan?

  19. Siang mba Kiky, kalo score IELTS masih belum cukup terus gak upload IELTSnya bisa gak ya daftar ke universitasnya ? rencana kan ambil IELTS Januari tanggal 14 saya rasa hasilnya gak bakal keluar dalam waktu dekat, melengkapi dokumen deadlinenya kapan kalo ternyata diterima dengan offer conditional? berpengaruh ke beasiswanya gak ? mba Kiky ada saran ? makasi yaaa

  20. assalamualaikum mba kiki..sehat selalu mba disana dan sukses sekolahnya 🙂
    mba bisa tau mba gimn Motivation letter buat step ke 2 nya ? hhee Alhamdulillah sdh submitted buat Step 1 . smoga lulus skrg lgi prepare documents untuk step 2 nya..
    Apa boleh wiwi minta Motivation letter mba yang step ke 2 ?hehe terimakasih mba sebelumnya 🙂
    email : rezkyauliayusuf@yahoo.com

    1. Halo Mbak Kiky, thanks banget untuk infonya super lengkap, sukses terus ya untuk studinya ^^

      Saya mau tanya Mbak, untuk step 2 ini, untuk leadership experience harus sesuai yang kita submit di aplikasi tahap I ya? Ataukah bisa kita ganti dengan experience lainnya?

      Kalau misalnya leadership exp tsb saat di kampus, berarti kita harus minta ttd pihak kampusnya ya?

  21. mbak mau nanya itu 2800 jam bukannya 3-4 bulan ya, kok 2 tahun?
    Kalau sekarang sih saya lihatnya 3000 bulan disana tertulis.
    Ini masih ngejar toefl dulu mb mohon restunya biar bisa lolos, hehe.

  22. Haloo kak kiky,
    Seneng banget baca artikelnya.
    Saya mau tanya apakah dulu kak kiky buat dokumen untuk tahap 2 berbeda-beda untuk setiap universitas yang kakak daftar?makasih

    1. tidak berbeda, sama. hanya saja daftarnya 4 kali. utk masing2 jurusan kalau di universityadmissionnya daftar 4 jurusan sekaligus. jadi tiap jurusan dapat nomor pendaftaran beasiswa SI yang berbeda

  23. Halo kak kiky, dulu waktu daftar beasiswa SISS apakah kakak buat keempat berkas yang berbeda setiap universitas?terimakasih

  24. kak, mengenai 2800 jam kerja. apaalah haarus meminta semua surat per lembaga tempat kita pernah bekeerja ? misalnya saya memaasukkan PPL, kkn , dan lees privat. bagaimanna cara menyertakan suratnya ?
    apakah pengalaaman menjadi anggota organisasi dikategorikan dalam position of trust ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 11 =