FASIH BAHASA INGGRIS DALAM 14 HARI

as I promised, when this website got 100k views. I will write about speaking method that I use.

Metode ini  membuat kamu dapat dengan  cepat dapat berbicara sesuai perubahan tenses, karena seluruh tenses di-storing di kepala. Dan karena terbiasa berbicara cepat, jadi saat percakapan pun, ketika harus merubah-rubah tenses-nya kamu dapat dengan mudah merubahnya without hassle atau berpikir panjang; otomatis berubah sendiri.

 

Ayo kita  mulai.

Cara:

  1. Hari ke-1: SIMPLE PRESENT. Mulai dengan memahami kapan Simple present digunakan (lihat Hal. 2 buku  Schramper Azar, kalau perlu beli bukunya, karena buku ini sederhana dan akan berguna sampai kapanpun selama bahasa inggris belum punah).  Setiap hari kita akan menghafal 1 tenses  dengan bentuk 5 kalimat, sehingga setiap hari bertambah satu buah tenses. Gunakan stopwatch.  Hitung setiap kali kamu melafalkan  tenses tersebut. Selalu challenge dirimu untuk membuat rekor tercepat terbaru. (beat my record)

Contoh:1 - Copy.png

contoh mp3 cara menghafal for dummies hingga download  disini

 

 

  1. Hari ke-2: PRESENT PROGRESSIVE . Pahami penggunaan presen progressive ini (lihat halaman 3 buku Grammar Azar). Hafal tenses kedua, sama seperti tenses pertama. Selalu hitung kecepatan dengan stopwatch. Kemudian rewind tenses 1 dan 2 sekaligus. Dan hitung kecepatan dengan stopwatch.

contoh:

fix - Copy (2).png

contoh mp3 cara menghafal for dummies hingga tenses 2 download  disini

 

 

 

  1. Hari ke 3: PRESENT PERFECT. Pahami penggunaannya. Hafal tenses ketiga , sama seperti tenses sebelumnya . Selalu hitung kecepatan dengan stopwatch. Rewind tenses 1-2-3  Dan hitung kecepatan.

contoh:

fix - Copy (3).png

contoh mp3 cara menghafal for dummies hingga tenses 3 download  disini

 

 

 

  1. Hari ke 4: PRESENT PERFECT PROGRESSIVE. Pahami penggunaannya. Hafal tensesnya , sama seperti tenses sebelumnya . Selalu hitung kecepatan dengan stopwatch. Rewind tenses 1-2-3-4  Dan hitung kecepatan.

contoh:

fix - Copy.png

contoh mp3 cara menghafal for dummies hingga tenses 4 download  disini

 

 

  1. Hari ke 5: SIMPLE PAST. ….dst..

 

  1. Hari ke 6: PAST PROGRESSIVE. …

 

  1. Hari ke 7: PAST PERFECT. …

 

  1. Hari ke 8: PAST PERFECT PROGRESSIVE. …

 

  1. Hari ke 9:  SIMPLE FUTURE. …

 

  1. Hari ke 10: FUTURE PROGRESSIVE. …

 

  1. Hari ke 11: FUTURE PERFECT. …

 

  1. Hari ke 12: FUTURE PERFECT PROGRESSIVE . …

 

  1. Hari ke 13: FUTURE PERFECT. …

 

  1. Hari ke 14. FUTURE PERFECT PROGRESSIVE. Pahami penggunaannya. Hafal tenses terakhir ini sama seperti sebelumnya dan rewind kesemua tenses tersebut, jangan pernah lihat contekan.  (beat my record all tenses 55,58 sec).

 

fix.png

(simpan dan print card ini ya,untuk dikemudian hari memudahkan dalam mereview secara keseluruhan)

 

contoh mp3 cara menghafal  full for dummies download  disini

 

  1. Hari ke 15. Mulai belajar conversation . Mudahnya ini dilakukan berdua. Namun bila tidak mempunyai teman, anggap saja membuat conversation dengan teman hayalan. Tetapkan tema. Misalnya tema : going to clean the house, hoing to cook, going to airport, atau going to market.

 

 

*kemampuan bahasa inggris mudah menurun apabila tidak dipergunakan dalam waktu panjang. Me-review kembali metode ini dalam 1 menit memudahkan kamu men-tracing seluruh ingatan dan kecepatan berbahasa, sehingga kembali fasih.

*kenapa bentuk kalimatnya ada 5. ini merupakan bentuk kalimat paling sederhana yang sering digunakan sehari-hari. contohnya pada kalimat yang menggunakan question tag. “dont you” pada “you study english, don’t you?”( seperti dalam bahasa indonesia , kita sering bertanya, dengan akhiran konfirmasi “ya kan?” ” iya ga sih?”, demikian juga dalam bahasa inggris sehari-hari)

Setelah mahir, kamu bisa mencoba memasukkan aksen sebagaimana kamu suka. Misalnya dengan mengikuti gaya berbicara salah satu aktor/aktris kesukaanmu; kalau saya dulu sukanya harry potter yang ditonton mungkin lebih 100 kali, jadi seluruh conversation film 1 dan 2 terhafal sendiri di kepala, atau dengan rajin-rajin dengar podcast, kalau saya sukanya Tim Harford dari BBC radio atau Zainab Badawi.

 

Metode yang saya gunakan ini dikenal dengan nama Sabana’s Method, adalah milik bapak Syabana. Saya mendapatkan metode ini ketika masih sekolah. Saat itu kami dibuatkan satu grup yang setidaknya terdiri dari 7 orang. Di kelas ini dilarang membawa buku dan alat tulis.

Pak Syabana adalah seorang english educator  yang biasa melatih english untuk kalangan karyawan perusahaan. Waktu itu, entah bagaimana kami berkesempatan diajarkan oleh beliau selama 2 minggu. Seluruh siswa yang mengikuti metode ini pada saat itu menjadi mudah lancar berbahasa inggris, oleh karena itu walaupun sudah 10 tahun lalu, saya tidak melupakan metode ini. Thank you for Pak Syabana for inventing this method,  dimanapun beliau berada. Pesan beliau waktu itu, metode ini akan lebih melekat apabila berhasil diajarkan pada orang lain lagi.

 

Belajarlah dengan tuntas.

 

Semoga berguna. Good Luck!

 

 

Baca Juga:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

IELTS WRITING TASK 2 FOR DUMMIES

Jadwal Beasiswa-Beasiswa Internasional

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD