TIPS MENULIS MOTIVATION LETTER

Motivation letter biasa digunakan dalam penilaian mendaftar universitas-universitas luar negeri. Selain kemampuan akademis dan kompetensi yang dinilai melalui transkrip, dan CV; Motivation letter menjadi penentu apakah kamu akan mendapatkan offer atau tidak. Karena mulai sering diminta bantu proofread,   dari situ saya melihat cara menulis yang sama, kesalahan-kesalahan yang mirip, dan  sering kali motivation letter nya justru tidak menjual.

Saya sendiri yakin bahwa motivation letter sangat mempengaruhi, oleh karena itu ketika akan mendaftar universitas, saya meminta setidaknya 2 proofread, satu dari teman saya di universitas; yang saya rasa paling cerdas, dan  satu lagi dari seorang nendrathalia (bule). Komentar yang mereka berikan cenderung bertolak belakang, akhirnya saya mengikuti saran yang diberikan nendrathalia. Dan ternyata memang lebih bagus hasilnya, karena  diterima dimana-mana.

ohya kemarin ada juga yang sempat tanya apa beda motivation letter dengan personal statement. jawabannya tidak ada bedanya, walaupun beberapa sumber menyebutkan ada sedikit perbedaan, menurut saya pribadi tidak ada bedanya.  Dan ketika mendaftar universitas dulu, saya pun juga tidak mebeda-bedakan keduanya, dan dianggap sama.

Startup Stock Photos

Beberapa kutipan dari berbagai sumber mengenai motivation letter:

“Tell us who you are, what your dreams and motivations are and most importantly, why you think you should be selected to study at the most prestigious business school in the Netherlands! “

“This letter acts as an introduction, telling the admissions board who you are and why you are a good fit for the programme to which you are applying.”

“For many applications, this letter is the only personalised component, so it is important to remember to be detailed, clear and confident.

“For those of us who have sat on such boards before, there are generally three types of letters – those that are remarkable for their strengths, those that get forgotten and those that are remembered for their flaws. In order to make sure you fall into the first category, it is important to focus not only on content but also personal voice.”inomics.com

(jangan sampai kamu menjadi salah satu yang diingat karena motivation letter yang terlalu biasa, atau melulu grammar errors)

 

 How to Write motlet:

  1. Penampilan

Jangan membuat motivation yang tidak punya heading, hanya sekedar a bunch of words. That could lead to fatality. Kalau kata salah satu  admission universitas  ‘We receive more than 1,500 applications. It’s like jungle warfare!‘ , you know what i mean.

 

 

  1. Start Strong

Mulai dengan paragraf yang stunning, yang seperti paragraf pertama majalah-majalah ilmiah atau majalah arsitektur atau majalah hukum. Dont bore them, with another common opening paragraph. Please find a brilliant opening paragraph. Ini mungkin akan memakan waktu but it is worth to do.

 

  1. Perhatikan struktur

Struktur sangat penting, ini agar kamu tidak bertele-tele dan mengulang-ngulang informasi yang sejenis. Hal ini paling sering saya temukan ketika proofread motlet, please dont bore me or them. Pisahkan informasi per paragraf misalnya.

  1. paragraf 1: kenapa ingin mengambil jurusan tsb
  2. paragraf 2: kenapa ingin mengambil jurusan tsb secara spesific , kompetensi dan kelinearan program s1 dengan jurusan yang diambil . (ingat bahwa motlet dibuat untuk menunjukkan ambisimu untuk diterima di program studi mereka. Jelaskan dengan detail ‘what attracted you to this particular master program?) tunjukkan juga bahwa kamu fasih betul mengenai jurusan tujuan, dan kamu sangat tertarik dengan program tersebut,contohnya dengan menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik dibidang xxx yang diampu oleh prof. Yyyy.
  3. Paragraf 3: highligh notable academic activities, seperti pernah mengikuti research, kegiatan voluntary di bidang keilmuanmu,jelaskan academic achievement yang pernah kamu raih, atau bahkan kegiatan magang.
  4. paragraf 4: jelaskan transferable skills yang pernah didapat melalui keikutsertaan organisasi, kompetensi dlm kompetisi di luar akademik. Tunjukkan siapa kamu sebenarnya di dunia nyata. Seperti kamu punya  soft skill memimpin dan komunikasi yang excellent, dimana kamu dipercaya menjadi ketua organisasi kampus…
  5. paragraf 5. jelaskan visi kedepan, seperti ingin karir seperti apa dan kenapa harus di universitas tsb. Bagaimana dengan menjadi lulusan di jurusan dan universitas tersebut akan mempengaruhi karirmu secara signifikan. Headline dengan jelas kenapa harus di universitas tersebut, tidak di universitas lainnya. draw them clearly your desirable career path, dan jelaskan kamu sudah berada di jenjang karir mana saat ini.
  6. paragraf 6. harapan untuk diterima di jurusan di universitas tersebut.

 

  1. Pemilihan diksi/kata and no grammar error

Jangan memilih kata yang complicated, usahakan ketika dibaca maknanya dapat dipahami effortlessly. Dengan menulis tanpa grammar error ini menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang professional dan konsisten

 

  1. Jelaskan dengan detail.

Setiap memberikan statement, selalu berikan contoh nyatanya. Jangan terlalu banyak menggunakan adjective, adverb, atau bahkan kata-kata seperti passionate, excited, dsb

 

  1. Personal voice dan jujur

Untuk membuat narasi yang kuat, take your time writing the letter.  kerja kebut semalam tidak dianjurkan ya, deal?

 

  1. Conclusion yang jelas

Highlight bahwa kamu adalah kandidat yang ideal dan cocok untuk diterima di jurusan dan universitas tsb. Ucapkan terimakasi untuk admission commitee untuk waktu dan pertimbangan mereka, dan kamu menyambut dengan senang apabila mereka ingin berbicara lebih lanjut denganmu, seperti sebuah interview.

 

8. Tidak lebih dari 1,5 halaman

Normalnya motivation letter hanya sepanjang 1 sampai 1,5 halaman. tepatnya 1 pertanyaan 1 paragraf saja, dengan spasi 1.  kecuali pihak universitas mengintruksikan cara berbeda, seperti mereka ingin kita menjelaskan topik research , hipotesis, dan skripsi s1 kita sebanyak 1000-1500 kata.

 

most of all should mark this;

“create a strong and noteworthy introduction for the admissions board”

 

sebelumnya saya membuat tulisan untuk review bersama sebuah motlet, tapi apa hendak dikata, tidak ada yang komentar.

 

look here for more:

https://www.rsm.nl/shared-content/masters/admission-application/programme-requirements/motivation/

http://studentblogs.le.ac.uk/mathematics/2015/11/22/tips-how-to-write-a-good-motivation-letter/

https://inomics.com/writing-successful-motivation-letter-uk-university-applications

http://www.mastersportal.eu/articles/406/write-a-successful-motivation-letter-for-your-masters.html

 

untuk melihat contoh-contoh motlet dari yang paling biasa sampai yang bagus:

http://www.usingenglish.com/forum/threads/94543-I-need-your-kind-help-for-my-motivation-letter

http://motivationalletter.com/motivation-letter-sample-for-master-in-economics/

http://motivationalletter.com/motivation-letter-sample-for-master-in-economics/

http://www.essayforum.com/letters/motivation-master-architecture-germany-54201/

http://www.essayforum.com/letters/motivation-urban-planning-master-course-germany-39019/

http://www.mastersportal.eu/articles/1541/motivation-letter-of-student-applying-to-master-in-biomedical-engineering.html

 

 

Baca Juga:

 

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

TOPIK-TOPIK EOTS (Essay on The Spot) & LGD LPDP Batch 1 2016

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016