IELTS WRITING TASK 2 FOR DUMMIES

IELTS WRITING 2 FOR DUMMIES

 

Kali ini saya akan menjelaskan cara menjawab IELTS Writing 2, yang definitely for dummies. If you really don’t have time to study more, and wanna study it in  one night rush, this is worth to keep for your foundation to answer IELTS Writing Task 2. Sebagaimana IELTS writing task 2 selalu dianggap bagian tersulit dari seluruh rangkaian tes IELTS.

IELTS writing task 2 essay ini juga, formatnya juga dipakai dalam Essay on The Spots program LN untuk beasiswa BPI LPDP. Tidak semua peserta seleksi Subtantif punya background dasar mengenai how to write ala IELTS (karena tentunya banyak juga yang belajarnya TOEFL, dan mengikuti tes TOEFL ITP yang mana tidak ada writing test), sedangkan soal essay seleksi subtantif LPDP bisa dipastikan memakai format yang sama dengan format essay writing ala IELTS. So here we go.

 

  1. Understand the Rules
    • Jumlah kata 250 kata, tidak boleh terlalu banyak, dan tidak boleh kurang. Oleh karena itu gunakan rumus ini 2-5-5-2. Maka kamu akan selamat ( you will be fine).
      • 1 kalimat 13 kata (try the best on this)
      • Introduction = 2 kalimat
      • Body 1= 5 kalimat
      • Body 2 = 5 kalimat
      • Conclusion = 2 kalimat
    • Hanya 40 menit, think and write fast.
    • tidak perlu diberi judul pada essay ini

 

  1. Plan your essay
  • Buat essaymu hanya 4 paragraf, sebagaimana rumus di atas 2-5-5-2.
  • Cara paling mudah menjawab IELTS Essay ini adalah dengan model mixed opinion dimana kamu menjelaskan 2 sisi/ perpekstif. Kenapa mudah? Kamu lebih mudah mencari ide-ide yang relevan untuk ditulis, dibandingkan dengan model strong opinion, yang mana kamu harus cukup kritis mencari ide-ide yang seluruhnya mendukung opinimu.
  • Ingat struktur ini:
    1. Introduction: topic + response (2 kalimat)
    2. Body/Paragraph 1 explaining topic; other side (5 kalimat)
      • Kamu bisa menemukan topik-topik ini dibuku ibham reza, sering-sering baca atau hafalkan. Disitu disebutkan ide-ide per topiknya. Sehingga kamu tidak perlu banyak berfikir lagi, dan hanya memasukkan ide.
    3. Body/Paragraph 2 explaining topic; your side (5 kalimat)
    4. Conclusion: repeat your response (2 kalimat)
      • Ingat pada bagian conclusion dilarang menambahkan ide baru, kamu hanya menulis ulang introduction mengenai kamu setuju tidak dalam bahasa berbeda (paraprase).

 

  1. Follow and apply it
    1. Kenapa? All I mention here is very essential. Contohnya, kamu wajib memberikan respon setuju atau tidak ataupun mixed. Kalau kamu tidak menjawab dengan jelas, maka kamu bisa kehilangan nilai task response.
    2. Bagian conclusion sangat penting. Jika kamu kehabisan waktu dan masih berkutat di body 2, maka segera lompat dan buat conclusion. Tanpa conclusion nilaimu juga akan berkurang drastis. Dan sekali lagi di conclusion dilarang menambahkan ide baru, hanya menuliskan ulang isi task response yang di introduction dengan bahasa yang berbeda.
    3. Kenapa body 2 harus merupakan your side of opinion? Ini karena lebih mudah menjelaskan kontra dulu, baru pro. Sehingga conclusionmu sejalan dan sealur dengan body 2.

 

LETS TAKE A LOOK!

ini merupakan essay dari website IELTS Simon. Mari kita lihat apa saja persamaan dari cara simon menulis essay-essay ini. 

1.png

lihat struktur essay-essay ini, adakah yang sama?

2.png

kemudian essay yang ini, apa persamaannya?

 

Mari kita teliti essaynya!

3.png

perhatikan polanya.

 

Maka bisa kita lihat polanya, selalu kurang lebih  sama seperti berikut.

4.png

Sudah paham polanya kan?

 

 

Introduction

People have different views about     (general topic)      

While some argue that     (-)   , I believe that      (+)       

 

Body 1

There are various reasons why people believe that     (general sentence (-)).

(idea  1 (-)).

(idea 2 (-)).

(idea 3 (-)).

Finally, (idea 4 summing up (-)).

 

Body 2

In spite of these arguments, I believe that    (general sentence (+).

(idea  1 (+)).

(idea 2 (+)).

(idea 3 (+)).

If this were the case,… (idea 4 summing up (+)).

 

Conclusion

In conclusion, Although it might seem sensible ….(-)…,

I personally prefer …(+).

 

 

Note:

Tentunya ini bukan satu-satunya cara dalam menjawab ielts writing 2, namun secara garis besar struktur penulisannya sama dimanapun kamu belajar ielts writing 2. Dan juga dalam writing tidak hanya format yang diperhatikan, tentunya grammar sangat penting. jangan sampai salah spelling, dan juga salah penggunaan tanda baca. 

Beberapa buku seperti di IELTS Advantage writing menyarankan struktur yang agak sedikit berbeda, terutama di bagian introductionyang agak sedikit panjang. hal ini berbeda dengan metode yang diajarkan Simon , yang menerangkan bahwa struktur introduction tidak panjang, cukup langsung menjawab task response agar tidak bertele-tele, kenapa? karena salah satu komponen penilaian adalah task response 25%, dan directly to the topic. Saya pribadi memilih menggunakan saran dari Simon.

semoga berguna ya teman-teman. Best Luck!

 

Baca Juga:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

FASIH BAHASA INGGRIS DALAM 14 HARI

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward