Q&A WITH KIKY EDWARD

A to Z Questions & Answers about LoA and Scholarship

Untitled

Pertanyaan- pertanyaan dan jawaban pada talkshow 28 July 2016 di FB dengan moderator  mas Ade Suyitno di grup Beasiswa LPDP Scholarship Talk Bandung

 

A. Halo, Kiky Edward, agar bisa mengenal lebih dekat, bisakah diceritakan tentang profil diri Anda? Baik nama, kota asal, nama kampus serta jurusan yang diambil saat kuliah S1 dan sekarang akan kuliah S2 dimana ?

nama saya Fakinah Nailan Edward, biasa dipanggil kiky edward. Saya berasal  dari Aceh, tepatnya Banda Aceh, S1 saya di universitas Syiah Kuala Banda Aceh, mengambil jurusan Arsitektur dan Akuntansi. Untuk S2 saya akan melanjutkan ke University College London, atau lebih dikenal dengan UCL di kota London, Inggris. Akan berkuliah di bidang MSc in International Real Estate and Planning.

 

 

B. Kalau boleh tahu kenapa milih lanjut studi ke UK dan kampus UCL ?

Ini salah satu pertanyaan interviewer saya, dulu saya mengapply ke setidaknya 10 top best planning school in the world, semua yang saya apply lulus, dan peringkat tertinggi yang saya berhasil masuk yakni di UCL. Yang mana UCL dengan fakultas Barttlet nya adalah nomor 2 terbaik di dunia di bidang Built Environment.

 

C. Setelah baca blog kiky, kiky telah banyak mendapatkan LoA dari berbagai kampus top dunia. Pertanyaanya apa persiapan yang paling penting harus dilakukan ? Adakah tips yang bisa diberikan buat yang lagi berjuang dapetin LoA?

Perencanaan matang dan pelaksanaan.  Persiapkan semua berkas dengan sempurna. Misalnya ketika menulis motivation letter yang padat makna, minta orang lain yang berkompeten untuk proofread, untuk surat rekomendasi minta dari paling orang yang berkompeten dan punya kemampuan menjamin akademis kita, seperti memiliki posisi yang penting di dunia akademis, saya dulu minta  dari pembantu rektor 1 bidang akademis di universitas saya, saya yakin ini sangat melancarkan seluruh aplikasi saya. Kemudian CV juga gali kemampuan diri sedalam-dalamnya, kamu yang paling tau kemampuan diri kamu, hargai setiap kemampuan, jangan pernah sepelekan apapun.

 

 

D. Apa strategi paling penting kiky saat memilih kampus agar sekali apply langsung dapat LoA ?

Research mendalam dan bekerja dengan detail. Kalau kamu sudah mengerjakan semua dengan paling sempurna dari kamu, insyallah kamu lulus. Kalau seandainya tidak lulus, segera minta bantuan untuk proofread dari orang-orang yang telah lulus.

 

 

E. Bagaimana cara kiky dalam riset kampus-kampus mana yang cocok buat kiky ?

Pertama saya meresearch kampus yang paling popular seperti UCL, disitu saya memantapkan diri jurusan apa yang akan saya pilih. Kenapa saya meresearch UCL, karena UCL sendiri punya range jurusan yang sangat-sangat luas, kamu bisa memuilih sangat banyak jurusan disana. Setelah menemukan jurusan yang ingin kamu apply, kamu bisa melakukan komparasi dengan menemukan jurusan yang sejenis di universitas-universitas lainnya. saya sendiri kemudian melakukan research di seluruh universitas yang ada di List LPDP dan List beasiswa lainnya. tidak pandang bulu negara atau benuanya, karena saya melihat kualitas universitasnya dan nilai plus yang diberikan. Contohnya ada beberapa universitas yang mungkin tidak masuk dalam top 20  di jurusan yang kamu mau, tetapi jurusan yang mereka tawarkan menawarkan program magang di perusahaan, tentunya ini merupakan nilai plus yang patut dipertimbangkan bagi mereka yang ingin menempuh karir sebagai praktisi.

 

F. Apa hal yang paling menantang dalam proses mendapatkan LoA ? dan Bagaimana solusinya?

Yang paling menantang adalah keep on the right track, kamu punya perencanaan yang super neat.  Kadang ter-distrack dengan kegiatan-kegiatan lain. Solusinya, kerjakan sesegera mungkin, se-pagi mungkin, secepat mungkin. Jangan menunda, karena moments won’t wait for you.

 

 

G.  sekarang tentang proses beasiswa. Setelah lulus  S1 berapa lama persiapan kiky untuk beasiswa LPDP ? Apa saja aktivitas / persiapan yang dilakukan selama itu ?

Kalau saya dari lulus bulan juli 2015 hingga wawancara  LPDP, sekitar 7 bulan. Saat itu  saya sedang mendaftar berbagai beasiswa.

Untuk persiapan khusus lpdp. Berkas 1 minggu. Mendapatkan LoA  2 bulan. Persiapan tes subtantif 3 minggu. Net time 2 months.

 

 

H. Kenapa memilih beasiswa LPDP ?

Menurut saya pribadi, merupakan Best deal  dari beasiswa lainnya yang saya dapatkan. Setelah lulus kuliah S2 nanti, beasiswa LPDP akan membimbing kamu juga dalam hal persiapan karir. Tugas kamu belajar dan berprestasi.  Hal lainnya karena saya juga kepingin banget bisa sekolah di Barttlet. Karena dari saya kuliah dulu barttlet sangat legend dikalangan arsitektur. Dan  untuk bersekolah disana sejauh ini, hanya LPDP yang mungkin dari beasiswa-beasiswa lainnya.

 

 

I. Apa hal yang paling menantang dalam proses seleksi administrasi LPDP dan apa solusinya ?

Yang paling menantang bikin essay yang bagus, solusinya spend more time on it. And focus on your value, do not conmplain on anything.

 

 

J. Apa hal yang paling menantang dalam proses seleksi interview  LPDP dan apa solusinya ?

Yang paling menantang adalah persiapan wawancara, saya membuat booklet pertanyaan utama dan jawabannya, untuk mempersiapkan jawaban yang paling sempurna saya melakukan banyak revisi dengan mendengar jawaban-jawaban orang lain jika ditanyai pertanyaan tsb. Kemudian latihan menjawab dengan diplomatis. Semakin hari H saya semakin ketat belajar. Solusinya tentu saja latihan dan revisi hingga yang paling sempurna. Minta orang lain mendengar jawabanmu dan juga dengar jawaban orang lain. Disitu kamu jadi tahu mana jawaban terbaik dan diplomatis

 

 

K. Apa hal yang paling menantang dalam proses seleksi subtantif LGD LPDP dan apa solusinya ?

Yang paling perlu diperhatikan adalah menjaga manner, bagaimana berperilaku dan mengeluarkan pendapat di dalam forum. Dan memaknai pendapat orang lain dan adjust dengan pendapat kita. Be original and brilliant. Tidak masalah apabila kamu punya pendapat yang bersebrangan atau kamu sama sekali tidak tahu harus komentar apa karena bukan bidangmu. Hargai pendapat orang lain, dan lihat dari perpekstif mereka, bagaimana hingga ia punya pendapat demikian, dari situ kamu bisa menyesuaikan komentarmu. Jangan asal asbun. Intinya LGD ini seperti pemilihan putri indonesia, bicara seperti putri indonesia, duta besar/diplomat atau pembicara di konferensi.

 

L. Apa hal yang paling menantang dalam tes On The Spot Writing LPDP dan apa solusinya ?

Yang paling menantang adalah kamu tiba-tiba kehilangan ide dan tidak tahu harus tulis apa. Solusinya banyak membaca topik ide dalam IELTS writing. Walaupun topiknya sama sekali tidak sama, namun dengan banyak membaca topik ide IELTS, akan sangat membantu kamu dalam membentuk ide-ide menulis, dan bepikir cepat. jangan lupa aplikasikan format menulis essay, introduction- bodies- conclusion.

 

 

Pertanyaan-pertanyaan dari Peserta

 

M. Pertanyaan dari Raisa Alni: saya ingin bertanya berkaitan dengan LOA dan beasiswa luar negeri.

  • berapa lama masa berlaku LOA?

Loa beberapa universitas berlaku setahun. Ada juga yang  memperbolehkan defer jadi 2 tahun.

 

  • mana yg lebih baik tes IELTS sebelum mendapatkan LOA atau setelah mndptkan LOA?

Menurut saya sebelum dapat LoA harus sudah tes IELTS. Karena banyak juga yg harus kehilangan LOA nya karena setelah itu mereka tidak dapat menyanggupi permintaan IELTS  universitas mereka.

 

  • apakah ada beasiswa luar negeri yg menyediakan beasiswa untuk master by coursework? atau mereka lebih memilih kepada master by research?

Sangat banyak beasiswa yang by coursework. Kamu bisa membaca website  saya bagian beasiswa fully funded. Semua itu beasiswa bg coursework sekaligus by research. Terserah kamu mau memilih yang mana.

 

N. Pertanyaan dari Muhammad Yusuf: bagaimana caranya (tips dn saran) agar profil kita terlihat kuat di depan panitia seleksi beasiswa ?

  • seluruh berkas yang kita submit harus best of the best. contoh essaynya tulis yang bagus, jangan terlalu banyak mengeluh. karena saya sering banget proofread essay yang akan disubmit, hampir semua memulai esaynya dengan kegagalan atau kesulitan dan kemudian berhasil, atau bersedih-sedih dulu kemudian bahagia. karena semua menulis begitu, jadi saya yang membaca sangat banyak essay merasa bosan dan essaynya jadi tidak menarik. apalagi interviewer yang mereka membaca ratusan essay.(note: ini hanya menurut saya)
  • kemudian ketika mengisi pendaftaran, dibagian pengisian CV, isi selengkap-lengkapnya. jangan ada yang kosong, karena itu akan menjadi sumber pertanyaan. Kenapa kamu bisa kosong dibagian itu. Gali dalam-dalam potensi diri, dan isi dengan jujur.
  • first impression is extremely important. Jawab 3 pertanyaan utama dengan sempurna, berlatih menjawab, jangan sampai gagap karena gugup, persiapkan jawaban yang paling bagus dan mudah dimengerti. Tenang dan jujur. Jawab dengan cerdas
  • tunjukkan kepribadian sederhana, humble, dan bermakna. tone suara tenang, tidak meledak-meledak.

 

(tips dn saran) agar profil kita terlihat kuat dari mas Ade Suyitno:

  1. Lengkapi Data isian saat isi form daftar LPDP pastikan semua halnya terisi.
  2. Tulis essay senatural mungkin dan tunjukan bahwa kamu orang yg berkontribusi dan bisa berdampak positif buat Indonesia. Karena sesi interview bersumber dari data essay beasiswa dan data CV isian form daftar
  3. Dapatkan LoA saat daftar LPDP. Kini LPDP sangat menghargai sekali calon peserta yang mempunyai LoA karena membuktikan dia mempersiapkn dengan baik dan LoA menandakan kamu sudah siap kuliah di Luar Negeri.
  4. Perlihatkan kamu adalah pribadi sesuai tri dharma perguruan tinggi yaitu :
    kuat dalam riset, senang dalam kegiatan belajar dan mengajar dan gemar melakukan pengabdian pada masyarakat baik dulu, kini dan visi dimasa depan hal ini harus tertuang dalam data isian
    riset, prestasi akademik, publikasi ilmiah, pengabdian masyarakat dan keaktifan organisasi yang di isi pada form daftar LPDP dan essay beasiswa

 

 

O. Pertanyaan dari Intan Bekti kak Ade Suyitno Adeino menanggapi jawaban kakak yang no 4 kalau saya baca itu seperti visi misi seorang dosen, bagaimana jawaban untuk yang tidak berminat menjadi dosen?

Tunjukkan pada bagian pengalaman kerja, bahwa kamu adalah orang teruji dalam bekerja, setidaknya mampu bekerja sama. Tunjukkan hal  ini pada bagian pengalaman kerja, dan keorganisasian

 

 

P. pertanyaan dari Dian Oktavia:

  • Kak Fakinah Nailan Edward, saya izin bertanya, yang pertama, selama proses persiapan beasiswa dan juga LOA membutuhkan perjuangan yang cukup besar, adakah sedikit perasaan stress atau lelah? Jika ada bagaimana kakak mengatasinya?

untuk menghindari study stress, saya selalu shalat tepat waktu, begitu azan saya langsung bangun seperti robot, kemudian langsung makan ontime. sambil makan saya nonton show favorit saya big bang theory. jadi selama 30 menit, I laugh as much as I can, because it is hard not to laugh for sheldon. so you get 30 minutes stress release time during a tight study.

 

  • Lalu yang kedua, bagaimana kakak menghilangkan rasa nervous saat tes wawancara LPDP?

1 minggu menjelang wawancara saya sangat nervous, hingga 1 hari menjelang wawancara bisa kehilangan nafsu makan. Tetap belajar. Bertemu teman, tidak perlu banyak, temui 1 orang teman yang akan menempuh tes subtantif dan belajar bersama, dengarkan jawabannya, dan minta dia mendengar jawabanmu. disitu kamu bisa dengar jawaban dia buruk atau bagus. yang buruk jangan di apply ke wawancaramu.

 

 

  • Lalu yang terakhir, dalam  proses untuk mendapatkan LOA, apa hal yang terberat dalam  mendapatkan LOA?

Mendapatkan rekomendasi agak sulit, karena kita harus menghubungi orang yang juga sibuk. Jadi pandai-pandai menyesuaikan waktu, dan kerjakan sesegera mungkin, setidaknya sebulan sebelum deadline beasiswa sudah melakukan permohonan rekomendasi. Namun hal yang benar-benar berat dari mendapatkan LOA sebenarnya tidak ada. kalau kamu punya cita2 dan tujuan, semua terasa mudah. fokus!

 

Q. Pertanyaan darikarisma Vinda Nissa: Kak Fakinah Nailan Edward , dalam pengisian form LPDP, seberapa pentingkah pengisian data mengenai pengalaman kerja? Karena saat saya membaca blog kakak, kakak bilang kalau pengalaman kerja salah satu hal yang ‘kalau bisa’ jangan dikosongkan. Apakah pengalaman volunteer dan organisasi saja belum memenuhi standart penerima beasiswa LPDP? Dan apakah pengalaman sebagai guru bimbel boleh pula dimasukkan sebagai pengalaman kerja?

Pengalaman kerja sangat penting diisi, itu menunjukkan kamu setidaknya teruji, peduli dan pernah berkontribusi. Pengalaman volunteer dan organisasi bisa dikategorikan sebagai pengalaman kerja, jelaskan saja job deskmu. Dan  tunjukkan point kepemimpinanmu ketika berorganisasi dan volunteering. volunteering is a great value. Jangan lupa sebutkan ketika wawancara kalau kamu   ering volunteering dibidang tertentu terkait bidang/jurusan yang kamu apply. Magang juga termasuk pengalaman kerja. pengalaman kerja sebagai guru bimbel juga sangat bagus, jangan lupa dimasukkan ke CV.

 

 

R. pertanyaan dari Adrian Saputra : menyambung pertanyaan mba Karisma, kira2 untuk pengalamn sebagai ketua panitia event mahasiswa nasional akan lebih baik di input sebagai pengalaman kerja atau organisasi ya kak?

kalau saya masuk ke pengalaman kerja. karena itu merupakan event dan kita merupakan event organizer walaupun dibawah payung organisasi.

 

S. Pertanyaan dari Muhammad Arif Ginanjar : Saya membaca mengenai 90detik pertama ketika proses wawancara. Hal-hal apa saja yang menjadi perhatian examiner kepada kita sehingga dalam 90 menit pertama mereka dapat berkesimpulan mengenai diri kita?

menurut saya dinilai dalam wawancara.

1)Justifikasi/ Argumentasi

2)Penampilan fisik

3)Gerak gerik dan sopan santun

4)Nada suara (tone voice)

5)Rasa percaya diri

6)Inisiatif

7)Kebijaksanaan

8)Daya tanggap dan kerjasama

9)Ekspresi wajah

10)Kemampuan berkomunikasi

 

 

T. Pertanyaan dari Trisna Aditama lebih baik kita dapat LoA dulu baru mendaftar ke lpdp ya kak?

iya, LoA itu menunjukkan kamu sudah siap berangkat kuliah dan kamu tau benar apa yang akan kamu pelajari. usahakan masuk universitas yang top.

 

U. Pertanyaan dari Shierly Octaviana Hugo Menyambung pertanyaan dari Muhammad Yusuf, saya lihat pada saat Kak Fakinah tulis mengenai jika pihak univ mencium sesuatu yang janggal soal CV akan diskejulkan interview. Sehingga pertanyaan saya menjadi, yang dimaksud ‘janggal’ itu apa ya, Kak? Dan, apa saja yang bisa dikategorikan sebagai janggal?

Misalnya kamu nulis hal-hal yang tidak jujur atau berbau White lies contohnya kamu nulis bahwa kamu CEO di sebuah perusahaan, atau kamu nulis bisa berbahasa asing yang tidak familiar dengan level c2. it looks supsicious. yang jelas berbohong itu dilarang . baik ketika daftar unviersitas ataupun daftar beasiswa. kalau pun pihak universitas tau kamu berbohong setalah kamu berkuliah disana atau setelah kamu lulus beasiswa, akibatnya bisa fatal.

 

V. Pertanyaan dari Rio Firmansyah ?

1. Gimana triknya lolos IELTS sesuai band yg diharapkan dg rentang waktu secepat fakinah lakukan?

2. Vocabulary fakinah banyak banget apalagi untuk kata2 yg formal? Bagaimana menghafal itu dalam waktu yg relatif singkat?

Kalau hal ini bisa dibaca disini ya:

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward

IELTS WRITING TASK 2 FOR DUMMIES

FASIH BAHASA INGGRIS DALAM 14 HARI

 

 

W. Pertanyaan dari Firda Amalia Afrah: kak, saya mau tanya apakah dalam memilih jurusan dulu kakak mempertimbangkan prospek pekerjaan kakak kedepannya?, karena saya dari jurusan kimia murni, dimana di universitas luar, contohnya ucl sangat banyak jurusan yang related dari kimia, apakah perkembangan ilmu dari jurusan tersebut di dalam negeri juga menjadi pertimbangan ataukah kita lebih baik melihat dari baik tidaknya jurusan tersebut di kampus tujuan?

sangat penting memeriksa alumni work acceptance rate kalau kamu mau make sure prospectmu. caranya gampang , tinggal email pihak career development universitas. minta list penerimaan alumni di perusahaan apa-apa saja.

detailnya baca disini

 

 

X. Pertanyaan dari Intan Bekti bagaimana standar dari pihak universitas (pada umumnya) melihat calon mahasiswanya pantas untuk mendapat LoA Unconditional? dan syarat2 untuk mendapatkan hal tersebut hanya mengikuti syarat2 yang ada diweb universitasnya saja kan?

Biasanya di seluruh website unviersitas dijelaskan ‘how u gonna be assessed’.

Beberapa universitas di UK , Australia, dan Amerika mereka tidak menggunakan merit base, mereka menerima mahasiswa siapa yang dapat memenuhi persyaratan yang mereka buat. jadi ketika kelas penuh, pendaftaran ditutup. biasanya pendaftarannnya evergreen

Beberapa universitas di negara eropa lainnya seperti Swedia, Finland, Norway, Spain, Italy menggunakan merit base. siapa yang aplikasinya terbaik , itu yang diterima. Dan biasanya  pendaftarannya punya jadwal tersendiri.

 

 

Y. pertanyaan dari Fatima Zahra Firdausi :

 

  • apakah jika nilai IPK selalu menjadi standar syarat universitas? Bagaimana kalau hanya kurang sedikit, namun telah memiliki publikasi jurnal internasional sebelumnya, apakah masih bisa mendapat LoA?

 it is schrodinger’s cat, we only know if you apply. Let them assess. biasanya kalau IPK kurang mereka akan meminta persyaratan lain, contohnya punya pengalaman kerja di bidang terkait, dan dibuktikan. Untuk tau lebih pasti, hubungi admission director.

 

  • Apakah jurusan yang dipilh saat interview LPDP dan saat diterima di universitas boleh berbeda?

jurusan dan unviersitas yang kamu daftarkan ke LPDP, itulah yang diapprove oleh LPDP. Kalau jurusan dan universitasny berbeda, setelah lulus LPDP kamu bisa mengajukan perpindahan dengan syarat jurusan yang kamu ambil masih related dengan jurusan yang dulu kamu daftarkan , dan universitas tersebut  punya ranking lebih tinggi.

 

 

Z. pertanyaan dari  Ade Suyitno AdeinoSebelum talkshow berakhir, Fakinah Nailan Edward kasih teman-teman yang  mau daftar LPDP LN disini dengan “1 paragraf ” hal/ strategi yg terpenting yang harus disiapkan sebelum seleksi LPDP ?

Beasiswa adalah investasi besar yang ditanam kedalam dirimu. Bayangkan kamu sebagai pemberi beasiswa, pasti kamu juga mencari orang yang bisa kamu percaya untuk diberikan investasi. Karena ini investasi besar yang bisa bernilai milyaran. Sadari Ini merupakan kompetisi ketat. Be perfect. Be a trustworthy person, humble and a dedicated person. Bagaimanapun mereka mencari orang yang cerdas namun masih bisa di ajak kerja sama, masih bisa dibentuk dan punya kepedulian. Fokus dan Rajin. The more dilligent you be, the luckier  you become.

 

 

Keseluruhan talkshow ini juga dapat di akses di https://www.facebook.com/notes/beasiswa-lpdp-scholarship-talk-bandung/talkshow-persiapan-beasiswa-dan-loa-bersama-kiky-edward/492039917652888?__mref=message

 

Terimakasih untuk mas Ade Suyitno dan https://englishforall.id/ untuk  talkshow online ini.

 

if you have more questions to ask, do not hesitate to  drop your comments below.

Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

A to Z Questions & Answers tentang LoA and Beasiswa LPDP 2

Questions & Answers Mendaftar S2 di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

LINK BEASISWA INTERNASIONAL FULLY FUNDED