A to Z Questions & Answers tentang LoA and Beasiswa LPDP 2

Q & A WITH KIKY EDWARD 

A to Z Questions & Answers about LoA and Scholarship 2

Setelah Q & A with Kiky Edward yang pertama dipublish, saya pikir ada baiknya menulis Q & A yang baru, karena sangat banyak yang mengemail saya untuk menanyakan hal-hal seputar beasiswa yang tidak tercover di Q & A 1. Kali ini lebih mirip rekap email-email yang dikirimkan ke saya. Jadi saya pikir ada manfaatnya diposting, kalau-kalau nanti ada yang memnanyakan hal yang sama. Langsung saja ya :

qa

 

A. Halo mba, saya sudah membaca artikel yang dibuat mengenai unconditional LoA, disitu rata-rata ada persyaratan khusus seperti IPK minimal 3,00 dan IELTS 6,0. Saya bekuliah di salah satu universitas ternama namun dengan IPK belum mencapai 3, apakah masih memungkinkan mendapatkan LoA?

Hi, kalau begitu kamu harus searching lagi di banyak universitas yang memiliki jurusan yang kamu tuju. Ada beberapa universitas yang IPKnya boleh dibawah 3,00. Beberapa meminta pengalaman kerja di bidang terkait.

 

B. Halo mba mau Tanya, untuk beasiswa LPDP, untuk mendaftar universitas dalam negeri baiknya menggunakan TOEFL atau IELTS? Kemudian wawancaranya menggunakan Bahasa inggris kah? Dan apakah untuk dalam negeri harus sudah dapat LoA ?

Hi, kalau dalam negeri pakai TOEFL ITP juga gak apa-apa, biar murah.  Untuk wawancaranya sepertinya tergantung profil diri kita sendiri, misalnya kita ambil TESOL di dalam negeri, atau berasal dari international class, walaupun dalam negeri, kemungkinan besar wawancaranya bias jadi dalam Bahasa inggris.
untuk LoA, universitas dalam negeri punya jadwal pendaftaran tersendiri, dan menurut saya pihak beasiswa memahami hal tersebut, namun kalau sudah punya LoAnya tentu lebih bagus.

 

C. Hi mba , maksudnya merit base dan quota gimana ya? 

  • Beberapa jurusan menerima mahasiswanya tidak berdasarkan merit base (atau siapa yang paling pintar dan outstanding aplikasinya) namun berdasarkan standar yang mereka buat, apabila orang tersebut telah memenuhi standar mereka sebagaimana yang disebut dipersyaratan, maka kamu bisa dipastikan akan lulus. Mereka dengan kata lain menganut sistem kuota, dimana apabila kelasnya penuh maka pendaftaran langsung ditutup, tidak menunggu bulan juli tahun depan. Jadi daftar secepat mungkin, apalagi untuk kampus top dunia. Seperti UCL yang berada di ranking 7 dunia sekarang, mereka menggunakan sistem ini dan pendaftarannya bisa dibilang evergreen.

  • Banyak juga universitas di eropa pendaftarannya dibuka Oktober dan ditutup Januari, jadi kamu punya waktu 3 bulan atau kurang. Negara-negara yang jenis pendaftarannya seperti ini adalah Swedia, Perancis, Finlandia, dll; dan lagi mereka menggunakan merit base; jadi siapa yang aplikasi nya paling outstanding maka dia yang akan lulus.  Sisanya universitas di negara lain umumnya evergreen atau seperti sistem pada point sebelumnya.

 

 

 

D. Hi, mba saya sedang prepare untuk apply ke LPDP tujuan universitas LN. boleh saya minta contoh essay-essay mba?

Hi, maaf saya belum bisa bagi essay-essaynya. Karena satu dan lain hal.

 

 

E. Hi, sebelumnya aku punya pengalaman kerja di bidang real estate dan berniat untuk daftar UCL. As we know, UCL especially in planning and real estate major has a very high requirement such as 3.3 GPA. Dan IPK ku sedikit dibawah itu. Aku mau minta pendapat kamu Ki, kira2 should I apply for UCL or not? because you know, the application fee is not cheap. But do you think there’s a chance for me to be eligible?

Hi, sepertinya bisa, namun saya juga ga berani jamin,  karena berdasarkan pengalaman teman, ada yang apply UCL namun IPK nya dibawah 3,3 dan sayangnya tidak lulus. Untuk lebih pastinya kamu bisa menghubungi programme director atau admission director jurusan tsb, untuk menanyakan eligibility. Kalau disebutkan tidak masalah, kemungkinan besar kamu akan lulus. Saran saya apply secepatnya, karena kelas Real Estate ini kelas yang paling besar di Barttlet. Satu kelas bisa mencapai 100 orang, jadi peminatnya tinggi.

 

 

F. Hi mba, aku baru pertama kali bikin motivation letter, dan ga ada bayangan harus gimana, kira-kira kakak bisa bantu untuk arahan bikin motivation letter? Motivation letterku ini persyaratan masuk kuliah di Indonesia, bukan study exchange atau keluar negeri.

Hi, kamu bisa mulai dengan baca post yang ini https://kikyedward.com/2016/06/13/tips-menulis-motivation-letter/, kurang lebih sama aja motlet kuliah LN dan DN. link lain yang bisa dibaca https://www.dur.ac.uk/undergraduate/study/apply/ucas/personalstatement/

 

 

G. Hi, Aku sedang mempersiapkan untuk apply kuliah di luar negeri dan untuk beasiswa. Beberapa essay udah aku persiapkan tetapi masih belum yakin. Kalau berkenan, mau nggak kiky bantu beri saran dan review essay ku?

Hi, bisa kirim saja langsung ke fakinah.edward@gmail.com  namun saya belum bisa janji segera proofread ya. Karena saat ini banyak banget yang minta diproofread, sedangkan waktu belajarku juga semakin padat. Wkwk doakan selamat ya.

 

 

H. Oh iya, saya melihat di profil kakak mengambil dua jurusan yg berbeda Arsitektur dan Akuntansi. Apakah hal itu juga menjadi bahan pertimbangan kakak ketika memilih kuliah d LN ? Mengapa kakak akhirnya memilih melanjutkan S2 jurusan Arsitektur bukan jurusan Akuntansi ? Apakah hal itu menjadi nilai plus penyeleksi sehingga kakak bisa lulus LPDP ?

hi , jurusan yang saya ambil sekarang adalah gabungan kedua-duanya arsitektur dan akuntansi. ketika mendaftar LPDP saya hanya mendaftar menggunakan satu ijazah saja, jadi saya tidak menyebutkan punya background akuntansi. menurut saya yang menentukan lulus atau tidak adalah kesiapan pelamar beasiswa. misalnya justifikasi jawabannya, kemampuan bahasa inggrisnya, dan pengalaman-pengalamannya.

 

 

I. Hi kak, mengenai essay lpdp misalnya essay sukses terbesar, apa boleh tau kerangka yang kakak buat untuk essay tersebut waktu daftar lpdp?

hi , untuk essay kontribusi dan suskes terbesar, itu tidak ada format ataupun kerangka khusus yang saya pakai, dan tidak harus diberi judul.  hanya saja saran saya, tulislah sebagus mungkin sepadat mungkin sesuai temanya. misalnya kalau kontribusi, jelaskan panjang lebar kontribusi-kontribusi yang selama ini sudah kamu buat. 
karena kedua essay ini sifatnya personal, biasanya nanti akan dijadikan bahan pertanyaan di wawancara, oleh karena itu pertimbangkan juga isi dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul dan juga jawabannya.

 

 

 

J. Oya, ada satu hal yang ingin saya tanyakan mengenai on the spot essay writing. Teman saya lolos beasiswa LPDP batch 3 tahun 2015 lalu dengan universitas tujuan di UK. Katanya, essay writingnya menggunakan bahasa Indonesia, sementara dari info yang say abaca dari blog mbak, peserta dengan tujuan univ luar negeri menulis essay menggunakan bahasa inggris. Apa mulai tahun 2016 ini memang begitu? Mohon infonya ya mbak…

Hi, Iya mulai batch 1 2016 essay on the spot dan LGS program LN  dalam bahasa inggris. Dan mulai batch 3 2016. Program LN seluruh essay yg di submit juga dalam bahasa inggris

 

 

 

K. bagaimana dengan LoA di kampus lain yang ada LoA akan tetapi tidak diambil??Apakah terkena sanksi atau diabaikan saja tidak masalah?

Hi, tidak masalah, setiap mendapatkan offer, kita bisa mendecline. decline lah dengan sopan. dan hal ini biasa. 

 

 

L. Mau nanya, masalah surat rekomendasi nih. Surat rekomendasi ini diperlukan apa ndak ya waktu apply master? maksudnya apakah perlu melampirkan surat rekomendasi? Kalau perlu, butuh berapa dan apakah kalau sudah bekerja, surat rekomendasinya harus dari atasan atau boleh dari dosen semasa kuliah? Trus format surat rekomendasi ini terserah kita atau sudah ditentukan dari pihak Swedianya?

Hi, untuk apply master mohon refer kembali ke wesbite universitas masing-masing, mereka mintanya berapa surat rekomendasi dan dari siapa, atau bahkan mereka tidak meminta surat rekomendasi sama sekali. formatnya untuk universitas di Swedia terserah. pakai format Kop international dari kampus asal kita sudah cukup. kalau format rekomendasi beasiswa Swedia, templatenya akan tersedia ketika step 2 pendaftaran dibuka. 1 dari akademis, 1 dari tempat kerja.Untuk lebih lengkapnya bisa membaca di wesbite saya, ada dijelaskan dengan sangat detil disana mas.

 

 

M. Mbak, saya mau tanya. Mbak kiky dulu mendaftar LPDP menggunakan berapa surat rekomendasi? Apa menurut mbak, jumlah surat rekomendasi ini mempengaruhi penilaian? Mohon masukannya mbak.

Hai, 1 saja cukup.

 

 

N. Hi, saya mau bertanya, kalau ingin melanjutkan S2 dari S1nya desain interior apakah bisa S2 nya mengambil jurusan lain yang bukan interior seperti arsitektur/planning/management?

Hi, boleh saja, asal justifikasinya kuat.

 

 

O. Hi, Saya berencana daftar LPDP di tahun ini, saya hubungi mba kiky ini mau minta petunjuk tentang dua essay LPDP, kontribusiku bagi indonesia dan sukses terbesar. 

Pertama secara ide saya bingung mendeskripsikan sukses terbesar seperti apa yang diharapkan oleh pemberi beasiswa LPDP untuk saya tulis, apakah mba kiky bisa share mengenai poin essay yang mba kiky submit? Kadang saya berpikir harus yang terlihat wah…tapi kok saya gak punya kesuksesan yang wow banget. 

Kalau mengenai kontribusi bagi Indonesia, untuk planning kontribusi kedepan bisa saya jelaskan dengan mudah, tetapi tentang yang dulu pernah dilakukan atau sedang dilakukan sekarang rasanya kok tidak ada korelasi langsung. Bagaimana menurut mba kiky saya menyiasati hal ini? 

Boleh share tips and triknya mba?

Hi,  sebenarnya tidak ada trik khusus. untuk essay kesuksesan terbesar dalam hidup isinya bisa apa saja karena sifatnya melihat daya juang, nilai-nilai dalam hidup, prinsip.

Khusus untuk kontribusi bagi indonesia, itu harus digali dalam-dalam, kamu pernah ikut kegiatan apa-apa saja terlebih volunteering, atau kegiatan ikut proyek dosen, atau ikut kegiatan yang diselenggarakan himpunan kampus, atau di organisasi sering bikin kegiatan apa. yang jelas terhadap planning kontribusi kedepan yang akan kamu ceritakan saat wawancara, kamu harus punya pengalaman dibidang itu, sudah berkontribusi disana, di bidang yang kamu minati. kalau mereka  tidak dapat menemukan rekam jejak, atau  sedikit pengalaman terhadap perencanaan yang kamu ceritakan, bisa jadi kamu dianggap omong kosong.  

kemudian untuk essay jangan pernah mengkopi punya orang lain sekalimatpun. bisa fatal.

 

 

P. Oh iya mbak, kalau boleh, saya ingin bertanya, di syarat LPDP salah satunya ada rekomendasi dari tokoh masyarakat. Kalau boleh tahu, mbak meminta surat rekomendasinya ke siapa ya mbak?

saya minta rekom dosen wali, dan pembantu rektor 1 bidang akademik.

 

 

Q. Hi, mba, saya berencana mendaftar beasiswa LPDP program dalam negeri. Rencana saya mau dftr di YYY . pendftrannya sampai 15 Juni untuk nyari LoA sedangkan saya mau daftar LPDP yang buka sampai Juli karena mau mengejar toefl 500 dulu karena TOEFL saya belum mencapai persyaratan yang diminta.

Karena untuk mencari LoA di YYY kita harus daftar dan ujian pendaftaran pasca dan pengumuman 29 Juni Mohon saran langkah apa yg seharusnya diambil..,daftar Universitas dulu atau daftar LPDP dl..,saya sangat bingung mau ambil langkah yg mana?

menurut saya kamu mempersiapkan yang terbaik dulu. misalnya toeflnya sudah bagus, kemudian cv nya bagus, essay juga bagus, yang terakhir LoA.  Kalau semua sudah bagus, sesuai standar, maka LoA untuk kampus indonesia boleh didapatkan setelah lulus beasiswa, Karena saya rasa interviewer mengerti kok di kampus indonesia ada jadwal pendaftarannya sendiri. tidak seperti dikampus luar negeri yang umunya sepanjang tahun pendaftarannya.  

sebaiknya kamu tau sejauh mana kemampuan mu dulu. karena yang dinilai nanti bukan hanya LoA, tetapi kemampuan lainnya juga. LoA itu hanya for better chance. istilahnya ketika kamu menghadap interviewer , kamu bisa meyakinkan mereka bahwa kamu ready sekolah lagi dengan menunjukkan, toefl sesuai standar, bahasa inggris bagus, sangat mengenal program study tujuan, tau dengan jelas kenapa mengambil jurusan tsb sampai ke biaya-biayanya, dsb

 

 

R. Saya Mau tanya, untuk essay rencana studi LPDP sebaiknya :

Menjelaskan bidang yg mau diambil dlu beserta alasan pemilihan kampus & negara, kemudian alasan pemilihan program, lalu rencana ke depan. Atau menjelaskan latar belakang pemilihan program dlu, kemudian alasan kampus & rencana ke depan. Sebaiknya alurnya bgmn mbak?

yang mana saja boleh, asal runut. namun rencana study saya dulu memakai model yang ke2. good luck

 

 

S. hi, mba personal statement dan motivation letter beda yaah?

Hi,  personal statement and motivation letter itu sama saja.

 

T. hi, saya boleh tanya nggak, untuk mendapatkan LOA dari universitas LN Kiky menghubungi supervisor terlebih dulu & mengkonsultasikan judul penelitian yang akan diambil & setelah mendapat supervisor baru mendaftar di universitas atau langsung mendaftar saja di univeristas dengan memenuhi syarat2 yg tertera?

Hi, saya sama sekali tidak menghubungi supervisor ataupun membuat proposal research karena program perkuliahan yang saya ambil adalah Taught program, bukan research program. jadi saya hanya mendaftar saja dengan memenuhi persyaratan. Jadi saya kurang tau kalau untuk program by research

 

 

U. hi, translate dimana dokumen seperti ijazah, transkrip, dll & apakah pakai pengesahan di kedubes?

kalau untuk mendaftar universitas hanya perlu translate ijazah dan transkrip mba, itu di translate di universitas masing-masing. kalau buat visa baru ke kemenkuham, itupun kalau ke UK ga perlu, cuma di translator tersumpah biasa

 

 

V. Hi, Untuk surat rekomendasi mendaftar LPDP apakah harus dari dosen? Apabila kita mendaftar beasiswa setahun setelah lulus, surat rekomendasi tetap harus kita minta ke dosen?

untuk mendaftar lpdp surat tidak harus selalu dari dosen, boleh dari tokoh masyarakat, seperti atasan kantor, dsb.

 

 

W. Saya ingin bertanya, bagaimana sistem tesnya LPDP terus berapa nilai rata-rata yang harus saya dapat ketika tes subtantif beasiswa LPDP? Soalnya saya gak pernah nyoba

kalau tes beasiswa LPDP, biasanya tidak disebut nilainya dapat berapa, kecuali setelah tes dan pengumuman , kemudian meminta review nilai. untuk lpdp, setau saya , tema-tema utama passing gradenya 750, sedangkan tema dilaur tema utama lpdp seperti finance in general, hukum dan social in general itu passing gradenya diatas 800.

 

 

X. Hi saya ingin menanyakan persyaratan mendaftar beasiswa LPDP. apabila saya sudah mendapatkan LOA unconditional dari universitas luar negeri, apakah dalam persyaratan LOA masih harus melampirkan transkrip dan sertifikat bahasa asing? setau saya kalo sudah dapat LOA unconditional itu sudah mewakili sertifikat bahasa asing dan transkrip nilai

Hi, tetap harus dilampirkan. lengkapi saja semua dokumen selengkap-lengkapnya, tidak di skip satupun. walaupun LoA unconditionalnya dimaksudkan agar dapat mendaftar dengan IPK dibawah 3 atau kemampuan bahasa dibawah ielts 6,5 . mereka tetap tidak dapat diwakili, karena ketika verifikasi berkas pun semua berkas asli harus ditunjukkan, tidak ada yang bisa di skip.

 

 

Y. tapi kalo score IELTS nya id bawah 6 tapi udah dapat LOA unconditional gimana? kira2 lolos apa ndak ya?

saya pernah baca di blog orang, saya lupa dimana. dia tetap dinyatakan lulus administrasi walaupun IELTS yang dilampirkan tidak mencukupi. justru yang tidak melampirkan tidak lulus administrasi. 

 

 

Z. Hi, Saya mau bertanya kak, apakah ada universitas yang tidak menerbitkan LoA? Dan untuk wawancara beasiswa LPDP itu memang ada yang bahasa indonesia ya kak?

LoA itu berarti surat penerimaan, atau tanda diterima . Namun tidak selalu berupa surat. Ada yang hanya notifikasi lulus. Seperti UCL dan universitas di Swedia tidak menerbitkan LoA yang bentuknya bisa dicetak.  Hanya berupa  notifikasi.  Jadi notifikasi itu saja yang discreen capture. 

Tentu saja interview beasiwa LPDP ada bahasa indonesia nya.  Kalau interviewer bertanya dalam bahasa indonesia maka jawabnya juga bahasa indonesia.  

 

 

 

semoga berguna, good luck!

 

 

BACA JUGA:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Q&A WITH KIKY EDWARD

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

APA SAJA YANG DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH PROGRAM MASTER?

LPDP & FRESH GRADUATE (how to nail it?)

TIPS MENULIS MOTIVATION LETTER

Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1

PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick

Tips LGD BEASISWA LPDP 2016

SITUASI TES SUBTANTIF LPDP BATCH 1 2016 Wawancara – Essay On The Spot – LGD