Questions & Answers Mendaftar S2 di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute

Q & A WITH KIKY EDWARD

 Questions & Answers Mendaftar S2 di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute

 

Hi semua, karena masa pendaftaran untuk kuliah di Swedia akan segera tiba, yakni desember. Maka semakin banyak pula yang menanyakan berbagai hal mengenai cara mendaftar universitas di Swedia dan cara mendapatkan Beasiswa SI. Oleh karena itu saya rangkum disini pertanyaan-pertanyaannya, semoga berguna.

sweden

 

 

A. Sore mba, saya ingin menanyakan untuk jurusan yang mba daftar maupun jurusan lainnya di KTH pada umumnya apakah ada syarat IPK? Karena setelah saya membuka web program masternya, tidak ada sayarat tercantum?

Memang tidak ada syarat IPK, namun system penerimaannya merit base, sebagaimana saya pernah sebut di website juga

 

 

B. Masih mengenai pendaftaran di KTH Sweden, Untuk mengenai merit base, apakah itu berarti yang paling outstanding apllicationnya, yang mana berarti ada syarat IPK nya kan mba? Mohon di koreksi jika salah

Tidak ada syarat IPK, outstanding di antara applicants, misalnya dari 10 pendaftar , kalau kita lihat dari IPK saja; ada yang ipk ‘3,5’ 1 orang, ‘3,4’ 3 org, ‘3,3’ 2 orang.  sisanya IPK  dibawah 3,3. Sedangkan kelasnya butuh 5 org. berarti yang lulus 5 org dgn ipk tertinggi di antara pendaftar.  Namun penilaian tidak mutlak hanya IPK, termasuk kemampuan Bahasa, pengalaman kerja, motivation letter. bisa baca di sini, dibagian selection criteria http://www.kth.se/en/studies/master/realestate/entry-requirements-1.48569

 

 

C. Hi, Saya ada rencana ingin mendaftar ke Stockholm University di Swedia bulan Oktober – November mendatang (Bachelor Degree Program), yang ingin saya tanyakan:

  1. kriteria penilaian apa saja yang biasanya Univ. Swedia nilai, agar peluang saya masuk lebih besar? Terlebih nilai ujian nasional saya sangat tidak bagus.
  2. Apakah ada beasiswa dari Swedish Institute untuk S1?

Hi,

  1.  penilaian di swedia menggunakan merit base, sehingga yang aplikasi pendaftarannya terbaik di segala aspek maka dia yang akan lulus. dari aspek nilai, kemampuan bahasa, motivation letter, dan requirement lainnya
  2. setahu saua belum ada beasiswa swedish institute untuk S1 . Namun kalau kamu merupakan EU resident maka biaya kuliahnya gratis.

 

 

D. Umur saya 20 tahun, saya bekerja di perusahaan kontraktor hampir 2 tahun. Apakah mempunyai pengalaman kerja menjadi nilai plus untuk Univ. di Swedia? Klo iya…

1.b. Disaat saya milih jurusan nanti, apakah sebaiknya sesuai (berhubungan) dengan pengalaman kerja saya? 

2.Menurut kakak, SAT (scholastic aptitude test) certificate itu berguna atau tidak ya untuk universitas di Swedia?

Hi, tergantung permintaan universitasnya, kalau diminta pengalaman kerja berarrti akan berguna. SAT juga tergantung permintaan universitas, kalau tidak diminta berarti tidak berguna. Harus dibaca masing-masing requirement universitasnya dengan detail ya. 

 

 

E. Hi Mba Kiki, Saya tertarik untuk mendaftar SISS tahun 2017. Untuk mempersiapkan dokumen lebih cepat, apakah saya boleh minta template untuk dokumen berikut? 

– Motivation Letter

– Letter of Reference

– Proof of Work Experience

 

Boleh saja. Namun perlu diingat bahwa format formnya akan berubah setiap tahun.

 

 

F. Mbak, mohon bantuan boleh Mbak, ada beberapa hal yang saya bingung setelah masuk ke halaman beasiswa tersebut. Bolehkah bantu untuk menjawab pertanyaan ini, sebab juga masih menunggu balasan email dari kontak penyelenggara dan saya belum menemukan jawaban di FAQ, mungkin saya kurang teliti. Semoga Mbak dapat menjawabnya. Begini mbak hal-hal yang mohon diarahkan:

  1. Apakah saya perlu untuk mendaftar ke univ yang dituju dulu Mbak sebelum bisa mendaftar di beasiswa Swedish Institute?
  2.  Jika tidak, apakah ada batas masa validnya Mbak jika saya diterima beasiswa tersebut sampai saya mendapatkan LOA dr univ yang dituju?
  3. Saya sudah membuat akun di SI Mbak, cumanya ternyata tidak bisa ya lanjut ke halaman berikutnya sebelum komplitkan halaman tersebut. Jadi saha tidak bisa mengetahui apa saja yang perlu saya siapkan dokumennya atau apakah saya harus sudah mendaftar di univ yang dituju dll. Boleh mbak saya mohon dijelaskan informasi apa saja dalam proses pengisian online application itu?

Hi,

  1. mendaftarnya bersamaan. dan deadlinenya juga berdekatan. kira2 15 january 2017 kamu harus sudah apply universitas maupun beasiswa SI-nya. bisa dibaca disini https://kikyedward.com/2016/05/28/mendaftar-universitas-swedia-dan-beasiswa-penuh-swedish-institute-part-1/dan bersambung kesini https://kikyedward.com/2016/05/30/panduan-mendaftar-beasiswa-penuh-swedish-institute-study-scholarship-siss-part-2/itu panduan lengkap kedua2nya.
  2. kalau kamu tidak lulus universitas otomatis kamu tidak lulus beasiswa, dan pihak beasiswa sudah duluan mengetahui ini. jadi intinya ketika sudah pengumuman universitas,kalau kamu diterima di salah satu universitas, maka ada kemungkinan kamu akan mendapat beasiswa SI ataupun tidak. pengumuman beasiswa nya sekitar seminggu setelah pengumuman lulus universitas. kalau kamu lulus universitas dan beasiswanya, kamu diberikan waktu hingga 31 April untuk membalas offer letter mereka, mau nerima beasiswa nya atau tidak. jadi tidak, kalau tidak diterima di tahun yang sama, maka hangus.
  3. beasiswanya belum dibuka mba, mungkin salah baca, baru buka akhir november. teknisnya refer lagi ke website saya itu, disitu sudah saya tulis detil banget

 

 

G. Hi, Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan,

1. Pada saat melakukan pendaftaran di universityadmission.se, kita diperbolahkan mendaftar di 4 kampus di Swedia dan 4 prodi, semisal saya mendaftar 2 prodi dalam satu kampus, apakah masih bisa ?
2. Untuk motivation letter dan surat rekomendasi untuk KTH Royal dan Chalmer, apakah kita bebas menetukan formatnya (untuk isinya saya sidah cek di masing-masing website kampus apa yang harus  dijelaskan) atau menunggu template dari Swedish Institute saat masa-masa pendaftaran ?
3. Saya pernah membaca postingan Mbak (mungkin postingan awal) atau mungkin postingan orang lain (saya agak lupa) , yang mengharuskan segala dokumen di scan bolak-balik, apakah benar ? apakah semisal halaman ijazah yang kosong pun harus di scan ?

hi,

  1. bisa-bisa aja, seingat saya. musti diingat bahwa ketika semua dokumen sudah diupload ke portal, maka seluruh universitas yang kamu apply dapat mengakses seluruh berkas yang kamu kirimkan, baik yg tujuannya ke universitas lain sekalipun. 
  2. motivation letter untuk kampus dengan motivation letter untuk swedish institute adalah dua hal yang berbeda, yang untuk kampus ini kamu pload ke se dan formatnya bebas. yang untuk SI , tunggu template motletnya yanga mana akan dipublish pada akhir januari, dan setelah diisi, dapat di upload ke portal SI. 
  3. bener tulisan saya itu, memang harus scan bolak-balik walaupun kosong, ini sesuai instruksi di wesbite Universityadmission

 

 

H. Hi, Saya tertarik untuk meneruskan studi mengenai hal yang berkaitan dengan energi. Ada hal yang saya ingin tanyakan:

1) Di web Swedish Institute ada pilihan program master untuk Autumn 2016 dan Spring 2017. Untuk fakultas dan jurusan yang saya minati, hanya ada pada waktu Autumn saja. Nah, dari blog kak kiki pendaftaran dimulai dari 1 Dec-20 Jan, apakah itu untuk perkuliahan pada Autumn dan Spring, atau hanya salah satu saja? Terus ada pilihan Autumn dan Spring itu maksudnya untuk mulai perkuliahan pada musim tersebut atau hanya penerimaannya saja pada musim tersebut?

2) Kemudian saat Apply itu boleh memilih 4 pilihan. Pilihan tersebut boleh berada pada kampus yang sama? Misal: Saya memilih KTH Royal Institute dengan memilih 2 jurusan kampus tersebut. Apakah harus berbeda kampus pilihannya?

 

Hi,

  1. Kalau pada Autumn, berarti itu dimulai seperti jadwal normal pada umumnya yang mana kuliah akan dimulai dari agustus atau September. Dan jadwal pendaftarannya akan dibuka pada bulan December tahun sebelumnya. Untuk yang Spring akan dibuka setelahnya. Jadi kalau kamu mau masuk perkuliahan di autumn 2017, maka pendaftarannya dibuka pada desember 2016. So get prepared.
  2. Boleh pada kampus yang sama. Namun untuk lebih pastinya bisa menghubungi pihak universitas.

 

 

I. Hi, saya ingin mendaftar ikut program scholarship dan universitas Swedia, Untuk Daftar universitas nya, membutuhkan score GMAT atau GRE ga sih mba?

Hi, seingat saya tidak meminta GMAT atau GRE untuk jurusan yang saya yakni keteknikan. namun untuk jurusan lainnya saya tidak sempat cek. sepertinya tidak ada juga.

 

 

J. mbak apa harus ada English Language Proficiency nya juga yah untuk mendaftar universitas Swedia dan beasiswanya??

Benar mba, harus ada, boleh TOEFL, boleh IELTS.

 

 

K. Ada batasan umur kah beasiswa SI ini?

Seingat saya tidak ada.

 

 

L. Saya mau tanya kalau sudah dapat beasiswa SI Masters apa bisa apply lagi untuk Phd di Swedia lewat beasiswa SI lagi ?

Hal ini saya kurang tau, sepertinya tidak bisa mba. Karena saya pernah baca untuk yang pernah kuliah di swedia juga tidak bisa mendaftar beasiswa ini.

 

 

M. Saya mau tanya soal surat bukti pernah bekerja. Sekarang saya freelancer tetapi pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta selama 2 tahun. Dari perusahaan sudah pernah mengeluarkan surat keterangan kerja pas saya resign dan menolak membuatkan surat seperti itu lagi dan surat ditulis dalam Bahasa Indonesia. Menurut Miss Kiki baiknya bagaimana ya? Karena sebetulnya suratnya ada hanya saja tidak sesuai format SISS dan tidak berbahasa Inggris.

Hi, suratnya harus sesuai format SISS, formatnya sebenarnya mudah, hanya perlu data sekian jam, dan tanda tangan dari orang terkait di kantor tersebut, tidak harus atasan tertinggi.

 

 

N. hi, kita belum lulus s1 kan belum dapat surat keterangan lulus hanya transkip nilai biasa, itu gimana cara daftarnya?

kalau itu belum bisa daftar, belum memenuhi persyaratan. setidaknya sudah punya surat dari akademik yang menyatakan akan segera tamat.

 

 

O. hi, Apakah sama cara untuk mendaftar S3?

berbeda mbak, deadlinenya pun berbeda, coba cek disini https://eng.si.se/areas-of-operation/scholarships-and-grants/visby-programme/visby-programme-scholarships-for-phd-studies-and-postdoctoral-research/

 

P. hi, sebenarnya saya masih bingung. Saya mencari informasi pendaftaran di Lund University harus membayar SEK 900, lalu beasiswa ISISS juga membayar SEK 900 bisa memilih 4 jurusan dari universitas yang beda-beda. Saya ingin tanya, langkah pendaftaran yang kakak posting lini untuk pendaftaran beasiswa ISISS atau jalur universitas ? Misalnya, saya sudah daftar di Lund University sebelum deadline 15 January, lalu di waktu yang bersamaan saya mendaftar beasiswa isiss apakah harus membuat akun lagi? Mohon informasinya ya kak, maaf pertanyaannya panjang.

udah baca belum yang ini https://kikyedward.com/2016/05/28/mendaftar-universitas-swedia-dan-beasiswa-penuh-swedish-institute-part-1/ kemudian ini https://kikyedward.com/2016/05/30/panduan-mendaftar-beasiswa-penuh-swedish-institute-study-scholarship-siss-part-2/

daftar universitasnya sama kyk dftr spmb, boleh pilih 4 jurusan atau 4 universitas. bayarnya 900 sek.

untuk daftar SISS buat akun lagi. tidak bayar.

 

 

Q. Hai mbak, aku berencana mau daftar LPDP dengan plan B daftar beasiswa lewat jalur swedish institute. Sekarang sedang tahap pencarian rekomendasi jadi saya inginnya mencari rekomendasi untuk LPDP dan swedia ini. Tapi, di webnya masih belum ada update soal program yang ditawarkan tahun depan dan template untuk recommendation letter apakah harus menunggu pendaftarannya dibuka atau bagaimana?

Mohon pencerahannya, terima kasih banyak

Hi, iya harus menunggu pendaftarannya dibuka pada bulan desember. dan template surat rekomendaasinya baru ada setelah kamu lulus tahap 1, dan itu sekitar akhir januari, ketika akan submit tahap 2 bulan februari.

R. Kalau apply s2 di universitas yang kakak tuju itu nantinya dipanggil untuk wawancara atau tidak?

Hi, tidak ada wawancara untuk mendaftar ke universitas Swedia

 

 

S. hi, mau tanya untuk application fee di admission.se apa 900 sek/ University atau lebih mba?

900 SEK untuk seluruh pendaftaran di 4 pilihan jurusan di 4 universitas berbeda. Jaid sebenarnya biayanya ini termasuk murah.

 

 

T. hi, saya sudah lama membaca website kakak dan ingin bertanya tentang merit base yang kakak terangkan. begini saya berniat mendatar di univ di swedia tetapi apakah memungkinkan dengan ipk saya yang bisa dibillangg pas2an sekitar 3,3 bisa mempunyai chance diterima di salah satu univ yang dimana swedia bersistem merit base. terima kasih

Hi, sure . cuma untuk program yang saya apply memerlukan pengalaman kerja. mereka tidak hanya menilai IPK, tetapi juga yang paling penting motivation letter dan CV. 

 

 

 

U. Hi, saya mau bertanya setelah membaca beberapa informasi pendaftaran beasiswa di swedia yang menginformasikan bahwa kita harus mendaftar di universitas dulu sebelum mendaftar beasiswa di universitas tersebut, apakah kita bisa menarik pendaftaran jika kita tidak mendapatkan beasiswa tersebut dan kalau bisa apakah ada sistem blacklist jika kita melakukan hal tersebut?

hi, bisa decline offer langsung di website pendaftarannya, sepertinya mereka cukup objective jadi tidak ada sistem blacklist.

 

GOOD LUCK!

 

 

BACA JUGA:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1

Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2

Q&A WITH KIKY EDWARD

A to Z Questions & Answers tentang LoA and Beasiswa LPDP 2

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

BREAKDOWN BIAYA-BIAYA PERSIAPAN S2 DAN BEASISWA

TIPS MENULIS MOTIVATION LETTER

Belajar IELTS Cepat ala Kiky Edward