BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI
TAGS: beasiswaEOTSessayInternational ScholarshipinterviewLGDLPDPmaster degreeSCHOLARSHIPseleksi subtantifsituasi seleksi subtantifstudying abroadswedenswedish instituteUnited Kingdomwawancara




ada banyak  yang nanya tips buat seksi LPDP dan SI, baik lewat message facebook, message instagram, dan message telegram. sebenarnya semua udah dibahas disini. Entah kenapa banyak juga yang belum nyampe ke post itu. Kadang sempat balas satu-satu, tapi dibalas satu-satupun ga akan komprehensif, ada baiknya dibaca biar lebih lengkap. Jadi biar cepat, bisa baca disini ya rangkuman linknya:

 

A. Biar bersemangat dan segera nyusun semangat, rencana kuliah, menempuh tahap meraih beasiswa, mendaftar universitas luar negeri baca :

  • Panduan  untuk meraih beasiswa ala Kiky Edward baca disini
  • List beasiswa-beasiswa internasional fully funded dan jadwalnya lengkap baca disini
  • List dan jumping link ke beasiswa international fully funded  disini
  • langkah-langkah mendaftar di universitas luar negeri baca disini
  • bingung apa perlu ambil s2 lagi atau tidak, dan bingung mau pilih jurusan apa baca disini
  • penasaran total biaya untuk meraih beasiswa, baca disini
  • gimana rasanya kuliah di luar negeri atau di Inggris baca disini

 

B. Seleksi Subtantif LPDP

  • Seleksi wawancara LPDP dan jawabannya, beserta analisis pertanyaan  ala Kiky Edward baca disini
  • persiapan LGD (Leaderless Group Discussion) disini
  • persiapan EOTS (Essay On The Spot) untuk contoh tema-temanya baca disini
  • bingung cara jawab EOTS dalam bahasa inggris, bisa pakai pola writing IELTS ini 
  • biar punya bayangan gimana Situasi Seleksi Subtantif LPDP baca disini
  • sebelum mulai tanya-tanya lebih dalam, mungkin pertanyaanmu sudah pernah terjawab di Question and Answer mengenai beasiswa LPDP
    • Q&A 1 baca disini
    • belum tercover disi Q& A 1, mungkin ada di Q & A 2 baca disini

 



C. Seleksi Beasiswa Swedish Institute (SI)

  • step by step Cara mendaftar Universitas Swedia yang sistemnya agak berbeda dari lainnya, baca disini
  • step by step Cara mendaftar Beasiswa Swedish Institute (SI) baca disini
  • sebelum mulai tanya-tanya lebih dalam, mungkin pertanyaanmu sudah pernah terjawab disini, Question and Answer mengenai beasiswa  Swedish Institute (SI) baca disini

 

D. Belajar IELTS

  • cuma punya waktu satu bulan untuk belajar IELTS dan harus otodidak, bisa tiru Belajar IELTS cepat ala Kiky Edward baca disini
  • Belajar Speaking Cepat dalam 14 hari ala Kiky Edward baca disini
  • belajar Writing IELTS cepat dalam satu malam ala Kiky Edward baca disini

 

ingin punya teman seperjuangan dari nol untuk mengejar beasiswa, atau cuma untuk tukar pikiran dan tanya-tanya mengenai selama menempuh perjuangan atau cuma untuk penuhi teman di telegram ckckc, bisa gabung di grup telegram ini

tetap update bisa gabung di grup facebook ini

 

untuk yang sudah mengirimkan email terutama mengenai motivation letter, duh maaf banget dipending semua untuk proofread. tugas kuliah sedang banyak, dan ini sebulan lagi menuju ujian, maaf ya teman-teman.

 



15065107_10208394037068763_683573945_o.jpg
Trinity College, University of Cambridge. picture by Aiden Valentine

 



Comments

comments

Author

31 Comments on “BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI”

  1. Salam kenal buat Kiki Edward. Klo saya perhatikan sebenarnya kurang baik apa mba kiki edward ini? Jazakallah.

    Ini ada posting buat penyemangat para pejuang beasiswa.

    Tentu saja tulisan ini bukan untuk Anda, pembaca yang budiman. Tulisan ini adalah untuk orang yang tidak Anda kenal. Orang yang memiliki keinginan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tetapi tidak sadar kalau dirinya menderita kemalasan stadium tinggi. Saya menyebutnya pejuang malas dengan ciri-ciri seperti ini:

    Menanyakan hal-hal yang sebenarnya ada di website atau buku panduan beasiswa. Mereka malas membaca.

    Selalu mengatakan ‘tes TOEFL/IELTS mahal banget’ tapi malas menabung dan tetap rajin nongkrong di cafe😉

    Sibuk berpikir caranya lolos beasiswa meskipun tidak memenuhi syarat. Mereka tidak fokus berusaha agar bisa memenuhi syarat. Anehnya, dengan begitu mereka merasa kreatif.

    Mudah bertanya “syarat beasiswanya apa saja?” Seakan itu satu rahasia yang tidak ada di website atau buku panduan (terutama jika ditanyakan lewat email ketika penanya memiliki akses internet yang memadai).

    Bertanya “jurusan yg cocok buat saya apa ya?” seakan orang lain lebih paham tentang dirinya. Untuk menggali bakat dan minat sendiri saja mereka malas.

    Bahkan bertanya “berkas lamaran dikirim ke mana ya?” Seakan itu sandi rahasia yg tabu ditulis di buku panduan.

    Menyangka topik penelitian didapat dengan bertanya “tema tesis yg bagus apa ya?” bukan dari membaca penelitian yang sudah ada.

    Latihan essay IELTS 250 kata malas sekali tetapi ngetwit nyinyir pada orang bisa dari sore sampe subuh @dipataruno.

    Lupa satu hal penting: jika beasiswa bisa didapat dengan cara yang dipakai mereka, berarti semua orang bisa dapat beasiswa.

    Lupa pertanyaan renungan pejuang beasiswa: “Apa bedanya perjuangan saya dengan pejuang lain dan mengapa saya yang harus terpilih?”
    Merasa kursus TOEFL dua juta mahal banget tapi selalu semangat ganti HP baru.

    Merasa buku IELTS/TOEFL mahal dan lebih baik pinjem sementara tetap kenceng merokok atau rajin ke salon.

    Semangat gonta ganti lensa kamera tapi selalu berharap dapat buku petunjuk beasiswa tanpa membeli.

    Bangga membeli tas baru bermerek tapi tidak merasa bersalah membaca buku TOEFL hasil fotokopian.

    Malu pakai jam tangan imitasi tapi merasa keren bisa download buku TOEFL/IELTS secara ilegal.

    Anda tentu tidak memenuhi kriteria di atas karena Anda adalah pejuang hebat. Jika ada orang yang seperti demikian, katakan pada mereka “lupakan soal beasiswa luar negeri karena kamu pejuang malas!”

    sumber : https://madeandi.com/2014/01/30/lupakan-soal-beasiswa-kamu-pejuang-malas/

  2. Sepuluh Tips Jitu Pasti Lolos Beasiswa Luar Negeri

    Saya menerima komentar atau email setiap hari terkait beasiswa luar negeri. Secara umum mereka bertanya tips untuk mendapatkan beasiswa luar negeri. Hasil dari berinteraksi dengan banyak orang itu, saya sudah punya sepuluh tips jitu yang menjamin Anda mendapatkan beasiswa luar negeri. Silakan disimak ya.

    Anda tidak perlu pintar, tidak perlu IP tinggi, tidak perlu aktif organisasi, tidak perlu kreatif, karena basiswa luar negeri itu untuk orang orang biasa yang tidak istimewa. Semua pendaftar yang jumlahnya ribuan itu pasti diterima karena negara pemberi beasiswa tidak punya perhitungan strategis soal jumlah dana beasiswa yang mereka keluarkan. Jangan khawatir.

    Anda tidak perlu pintar berbahasa asing karena di luar negeri Anda akan menggunakan Bahasa Indonesia. Semua tugas makalah yang menumpuk, presentasi yang tiada henti dan pergaulan sehari hari menggunakan Bahasa Indonesia. Belanja di toko ikan juga menggunakan Bahasa Indonesia. Tidak perlu sibuk belajar Bahasa Inggris. Lebih baik Anda gunakan uang saku untuk beli HP baru, bukan kursus Bahasa Inggris, karena itu jauh lebih penting.

    Anda tidak perlu bisa menulis yang baik. Cukup tekun saja menulis di Twitter atau Facebook karena persyaratan essay untuk bisa diterima di perguruan tinggi luar negeri itu cukup 14O karakter saja kok. Tidak perlu belajar menulis yang komprehensif hingga ribuan kata dan mengartikulasikan dengan baik gagasan Anda tetang hal hal baru. Kadang cukup dengan hashtag #eaaa atau twit nyinyir, essay Anda akan diterima dan dianggap luar biasa.

    Anda tidak perlu mencari sendiri tentang jurusan dan universitas yang tepat karena informasi itu akan datang sendiri ke inbox Facebook Anda lengkap dengan persyaratan masuk dan rincian proses seleksi. Kadang kadang Anda cukup mention seseorang di twitter lalu tanya persyaratan masuk sebuah perguruan tinggi maka orang itu akan berbaik hati menunda pekerjaannya lalu begadang berjam jam untuk membantu Anda mengumpulkan informasi dengan membaca berlembar lembar petunjuk di website resmi sebuah perguruan tinggi di luar negeri. Tidak usah khawatir, pekerjaan dia memang seperti itu. Anda tinggal menikmati saja. Tidak usah repot repot.

    Ada tidak perlu belajar membuat CV yang bagus dan kreatif karena format CV bisa diperoleh dengan mudah di internet dan Anda tinggal tiru saja dengan mengganti nama. Petugas seleksi beasiswa tidak akan tahu kalau anda menyontek format dan model CV karena mereka tidak paham caranya menggunakan Google untuk mengecek keberadaan dokumen di internet. Anda juga tidak perlu berprestasi dalam hidup karena CV itu bisa dibuat buat seolah olah Anda berprestasi. Tidak akan ada yang tahu, tidak usah terlalu peduli.

    Tidak usah membeli buku untuk latihan TOEFL dan IELTS karena Bahasa Inggris Anda bisa tiba tiba bagus hanya dengan menghabiskan waktu bermain game online Berbahasa Inggris. Semua soal TOEFL dan IELTS nanti terkait dengan game online, tidak perlu belajar khusus. Listening dan Reading juga gampang. Tidak ada bacaan panjang yang perlu pemahaman komprehensif, semuanya seperti twit yang pendek pendek dan random.
    Beasiswa luar ngeri itu sama dengan uang gratis untuk Anda dan artinya Anda tidak akan perlu keluar uang. Jadi tidak usah menabung. Kursus TOEFL tidak perlu, biaya menerjemahkan dokumen tidak perlu, biaya transportasi untuk mengurus administrasi tidak perlu, pengiriman berkas juga tidak perlu biaya sama sekali. Sebaiknya gunakan uang untuk membeli pulsa karena tanpa itu Anda tidak bisa upload foto di Path. Tidak ada yang lebih penting dari itu.

    Jangan habiskan waktu membaca buku petunjuk beasiswa yang tebalnya puluhan atau ratusan halaman. Jika bingung tentang sesuatu, langsung saja email seseorang atau tanya di Twitter. Biarkan orang yang Anda tanya itu yang pusing membaca buku yang tebal itu dan sebentar kemudian dia akan berbaik hati meringkasnya untuk Anda dalam 14O karakter. Tentu saja orang itu akan melakukannya dengan senang hati karena dia pengangguran dan tidak punya kesibukan lain. Dia bahkan bersyukur mendapat kepercayaan Anda.

    Usahakan lebih percaya pada orang dibandingkan website atau buku informasi resmi. Jadi silakan ajukan pertanyaan kepada orang lain seperti “syarat TOEFL berapa”, “apakah ijazah perlu dilegalisir”, “formulir didapat di mana”, “berkas dikirim ke mana”, “dokumen yang dibutuhkan apa saja”. Website resmi pasti tidak memuat informasi seperti ini karena ini termasuk informasi rahasia yang tidak boleh ditulis di website resmi. Tanyakan kepada orang yang memiliki kemampuan seperti dukun.

    Percayalah pada informasi tentang beasiswa yang tertulis di blog atau di forum forum diskusi atau broadcast BBM karena informasi itu pasti benar. Anda tidak perlu melakukan verifikasi atau pengecekan dengan membaca website resmi atau menelpon ke penyelenggara beasiswa.
    Selamat menerapkan sepuluh tips di atas dan saya jamin Anda akan mendapatkan beasiswa luar negeri besok sore. Percayalah.

    https://madeandi.com/2014/09/14/sepuluh-tips-jitu-pasti-lolos-beasiswa-luar-negeri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + ten =