PANDUAN MENULIS MOTIVATION LETTER BEASISWA SWEDISH INSTITUTE STEP 2

Terimakasih teman-teman. Tiap kali buka email, ada yang mengirim surat hanya untuk bilang TERIMAKASIH, seriously terimakasih banyak yang sudah email “terimakasih” ini, it is extremely valuable for me, as you let me know that I do something useful and meaningful for you all.

 

Alright, kali ini panduan menulis motivation letter beasiswa Swedish Institute tahap 2, ternyata sangat banyak yang lulus tahap 1. Karena sudah ga sanggup balas satu-satu email, again so sorry. Maka saya bahas disini saja ya. Berikut:

 

Rule:

  1. Motivation letter yang harus kita submit ada empat, kalau mendaftar di 4 jurusan berbeda. Maka perhatikan dengan detail tiap penyebutan nama jurusan dan universitas dalam menulis motivation letter ini, dimana berarti nanti kamu harus submit motivation letter 4 kali untuk masing-masing universitas dan jurusan yang berbeda. Jadi pastikan berkali kali, jangan sampai terkirim motivation untuk Lund university, ke aplikasi KTH university. Fatal!
  2. Perhatikan ranking universitas yang kamu pilih, ini sesuaikan dengan ranking yang ada di Universityadmission.se.
  3. Application number adalah nomor unik yang disebutkan di kiri atas pendaftaran universitas di universityadmission.se , jangan sampai salah sebut dan tertukar dengan application code universitas ya.
  4. Dalam menulis motivation letter ini, jangan sampai kamu hanya menyebut ulang yang tercantum di EUROPASS CV yang juga bakal sekalian kamu upload. Lebih dari itu, dibagian motivation letter ini, sebutkan dan jelaskan apa-apa yang tidak tersebutkan di CV, apa-apa nilai yang kamu genggam dan terapkan, apa-apa bentuk kepemimpinan yang kamu jalankan, dan apa-apa isu yang concern dan ingin kamu perbaiki dengan keahlianmu. Disini, lebih tekankan nilai, karakter, keinginan, tujuan, cara, dan pejelasan.
  5. Karena karakter dalam menulis dibatasi, tulis padat singkat dan jelas. Mintalah proofread seseorang. Atau kalau tidak punya siapa-siapa, pendam tulisan motivation letter ini selama 2 hari. Dan kemudian kembali baca, kalau sekali pandang membosankan, berbarti kamu salah tulis. It supposed to be interested to read in one sight!

asda.png

 

Berikut penjelasan cara menjawab Motivation letter Swedish Institute Tahap 2:

  1. What is one of the main challenges or possibilities that are important to you and your country today? Elaborate on how you with your professional background and your planned education in Sweden, can address the above mentioned challenge/possibility? [Max 1200 characters incl. spaces]

Di bagian ini highlight mengenai keadaan daerah kamu yang perlu diimprove dan sejajar dengan keilmuan/area professional mu. Dan bagaimana dengan  berkuliah di Swedia dengan jurusan yang kamu pilih akan membantu mengatasi masalah daerahmu tersebut. Ketika menjawab pertanyaan ini di motivation letter SI saya menghighlight keadaan di aceh yang masih minim infrastruktur, standar konstruksi yang belum merata di berbagai daerah, dan bagaimana pentingnya Aceh memiliki tenaga ahli di bidang design dan konstruksi untuk membangun aceh yang mandiri secara ekonomi.

 

*nah, ketika mendaftar beasiswa SI ini, kita kan sudah memilih 4 jurusan dan universitas yang berbeda. Kalau jurusan yang kamu pilih antar satu dan lainnya sangat berbeda, maka kamu harus menyusun jawaban pertanyaan ini spesifik untuk masing masing jurusan tersebut, dan disesuaikan dengan konteks daerahmu. Sebut nama jurusan dan universitas yang kamu maksud dengan jelas disini. Karena saya waktu itu memilih jurusan yang sama atau mirip di berbagai unviersiats tersebut, jadi saya hanya menulis satu motivation letter saja dan mengganti nama universitas dan jurusannya sesuai kebutuhan saja. gampang kan.

Ingat di bagian ini mugnkin kamu punya segudang argumentasi, tetapi pilih yang paling prioritas dan meyakinkan dan sangat sesuai dengan expertisemu. Jangan lari kemana-mana ya. Contoh, anak engineering maunya membantu di konteks sosial, jangan deh. Fokus lebih baik.

 

 

  1. Describe your personal and/or professional goals for the coming three years after your studies in Sweden [Max 700 characters incl. spaces]

Disini sebut career goals kamu, sebut dengan jelas, misal “My career goal is to hold a firm management position in Design and construction Business in the future”. Kemudian jelaskan gimana insight yang bakal kamu dapat dari kuliah dan tinggal di Sweden bakal memperlancar dan mengupgrade aplikasi professional-mu di sektor tersebut.  Dan sebutkan juga karir lainnya atau kontribusi lainnya untuk daerahmu yang ingin kamu kerjakan.  Contoh, “I am considering to become consultant in building engineering and investment as well as strategic integrated construction management. Become Governement advisor in annual Long and Medium Development Plan Meeting……” . dan jangan lupa yakinkan mereka bahwa kamu bisa dan berkeinginan dan berkapasitas, by simply state “ I am confident that my society will benefit from that”

 

 

  1. Describe a personal achievenement/experience which demonstrates your leadership potential/skills [Max 600 characters incl. spaces]

Dibagian ini mudah banget, jelaskan saja apa saja leadership yang sudah kamu lewati. Masalahnya, sering kali orang-orang bingung yang mana yang benar-benar leadership dan mana yang bukan. Ga perlu ambil pusing soal ini,  Give high value and appreciation to what you have done. Seriously! Kalau kamu punya toko online, dan udah berhasil jual banyak, bertahun tahun, sampai punya employee, itu berarti  kamu telah memimpin. Kamu pernah jadi ketua coordinator acara seminar di kampus atau kegiatan volunteer yang benar benar sukarela banget, itu juga memimpin, dimana kamu punya tanggung jawab moral dan kontrol atas orang lain.  Di bagian ini juga highlight apa saja pelajaran yang kamu dapat selama memimpin, value-value yang kamu serap dan terapkan selama memimpin. Contoh, “running my own business not only taught me to build successful team, communicate and negotiate,  but also broaden my horizon…”  

Jangan lupa highlight achievement-achievement apa saja yang sudah pernah kamu dapatkan, kalau memang punya terlalu banyak, highlight yang punya dampak yang paling luas terhadap masyarakat, atau yang punya prestise tinggi dalam memimpin.  Di bagian ini saya sendiri menjelaskan achievement saya dalam menjalankan business selama perkuliahan, apa-apa saja penghargaan yang didapatkan. Penghargaan lagi-lagi bukan yang ada sertifikatnya saja, tapi juga bentuk-bentuk lain seperti, kamu dapat bantuan modal dari universitas, modal usaha dari pemerintah untuk karya usaha kamu. Leadership disini bisa dalam bentuk apapun, tidak melulu dalam expertise-mu saja.

 

 

  1. Are you active in any network.organisation.project aiming to influence development in your home country? If yes, please describe in what way. [Max 600 characters incl. spaces]

 

Nah dibagian ini jelaskan apa-apa saja kontribusi nyata yang sudah kamu berikan terhadap daerahmu. Misalnya kamu tergabung dalam sebuah organisasi pecinta pantai bersih, ceritakan kamu di organisasi itu ngapain saja, dan peran kamu apa saja di organisasi terebut . Contoh , “ I am part of XYZ organisation which conducting regular surveys to public facilities, especially school. The organisation’s main possibility is to make sure that the layout of the buildings has sufficient diffable access and we are permitted to redesign them if needed. Also the organisation is contributing in educationg planners and designeer to have deep comprehension in diffable access in design. I am also part of BBB organisation, make cit mapping based on research, under planning……..”

 

 

 

Mudah kan. Ketika menulis motivation letter Swedish institute ini, saya sendiri baru saja menyelesaikan tes subtantif LPDP, yang bagi saya sangat melelahkan. Hampir ga  bersemangat untuk menyelesaikan aplikasi beasiswa SI ini. Namun kita harus menyelesaikan apa yang sudah kita mulai. Apalagi beasiswa SI ini salah satu beasiswa yang paling mudah prosesnya dan tidak ribet sama sekali, karena hanya upload online saja. Setelah lulus beasiswa LPDP dan menandatangani kontrak LPDP, dihari yang sama saya menerima email dan banyak ucapan selamat dari pihak beasiswa swedia bahwa telah menerima beasiswa ini untuk KTH university yang mana merupakan pilhan pertama saya. Benar-benar tidak menyangka akan lulus universitasnya dan lulus beasiswa SI sekaligus.

 

Oleh karena itu untuk teman-teman yang sedang berjuang menyelesaikan Step 2 ini, selesaikan apa yang sudah kamu mulai. Jangan menyepelekan apapun yang ada di depan mata.

 

*semua yang dalam tanda petik saya jadikan contoh adalah penggalan dalam motivation letter saya yang asli, jadi jangan di kopi paste yang teman-teman, nanti bakal ga lewat.

Dan satu lagi, seandainya ada yag berbeda pada system dan model aplikasi tahun lalu dengan sekarang, please let me know. So I can update.

 

swedish-institute-study-scholarships

 

BACA JUGA:

BLOG SCROLL BELAJAR PERSIAPAN SELEKSI SUBTANTIF BEASISWA LPDP dan SI

Questions & Answers Mendaftar S2 di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute

Panduan Mendaftar Beasiswa Penuh Swedish Institute Study Scholarship (SISS) part 2

Panduan Mendaftar Universitas Swedia dan Beasiswa Penuh Swedish Institute Part 1

PANDUAN LULUS MASUK BERBAGAI UNIVERSITAS DUNIA DAN BEASISWA SEKALI TEMBAK ALA KIKY EDWARD

10 ALASAN/KESALAHAN GAGAL BEASISWA LPDP

Advertisements